Israel melancarkan gempuran udara ke sejumlah sasaran militer di Jalur Gaza pada Jumat (16/4) sebagai balasan atas serangan roket yang diduga diluncurkan Hamas. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa sejumlah jet tempur dan helikopter serang "menghantam lokasi pembuatan senjata, terowongan penyelundupan senjata, dan pos militer Hamas." "Kami tidak akan membiarkan setiap ancaman terhadap warga sipil Israel," demikian pernyataan IDF seperti dikutip AFP.

Bupati Sarkawi

Data Valid Penting untuk Rumuskan Kebijakan Publik

Litbang Diseminasi BM
A A A

BENER MERIAH – Bupati Bener Meriah, Tgk Sarakawi menekankan pentingnya data valid untuk merumuskan dan mengambil kebijakan publik.

Hal itu disampaikan Bupati Sarkawi saat membuka kegiatan diseminasi hasil-hasil kelitbangan wilayah Tengah Aceh, yang berlangsung di Aula Sekdakab Bener Meriah, Kamis, 8 April 2021

Kegiatan diseminasi itu diselengarakan oleh Bappeda Provinsi Aceh yang bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Bener Meriah.

Bupati Sarkawi dalam arahannya menyampaikan, setiap perumusan dasar kebijakan, dimulai dari data.

“Sebelum mendiseminasi hasil-hasil kelitbangan, serta sebelum menyebarluaskan data, perlu dipastikan bahwa data-data itu benar-benar menggambarkan kondisi riil di lapangan," kata Bupati.

Lanjut Bupati, data yang tersajikan dan akan disebarkan itu harusnya sudah dievaluasi ketepatannya. Perlu diuji kevalidan data, seperti bagaimana pengumpulan datanya, dan juga sumber-sumber datanya.

“Data ini penting. Jangan sampai data yang yang tak tepat menimbulkan potensi masalah kebijakan," tegas Sarkawi.

Dia mencontohkan tentang data berkenaan penerima bantuan dampak Covid-19 pada tahun 2020. Menurutnya ketidaktepatan data penerima bantuan Covid-19 telah menimbulkan masalah-masalah dalam praktiknya di lapangan.

Untuk itu, Sarkawi mengharapkan peran Litbang untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan tata kelola pemerintahan dan pembangunan daerah, mendorong peningkatan daya saing dan terciptanya inovasi daerah.

Sarkawi juga menyampaikan kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong komitmen para stakeholder dalam berkontribusi bagi pembangunan Aceh, melalui pendekatan riset dan jejaring penelitian, serta keterlibatan semua pihak di dalamnya.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...