Sekretaris Pusham Unsyiah, Suraiya Kamaruzzaman, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 20 Januari 2022 episode ke 44 Tahun ke II dengan tema: Apakah Cambuk Solusi Terakhir Bagi Predator Seksual?, yang dipandu oleh host Siti Aminah Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Menjelang Pilkades Serentak

Dailami Tekankan Calon Reje Kampung Jaga Sikon Keamanan

IstDeklarasi damai Pilkades
A A A

BENER MERIAH – Sebanyak 37 calon Reje (Kepala Desa) di Kecamatan Bukit menghadiri deklarasi damai Pemilihan kepala desa (Pilkades), yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Bukit. Senin, 6 Desember 2021.

Deklarasi damai tersebut turut dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bener Meriah, Dailami, Kepala DPMK Bener Meriah, Camat Bukit, Kapolsek Bukit, Danramil Bukit, Para Mukim se-Kecamatan Bukit, dan para bakal calon reje Kampung.

Pelaksanaan Pilkades serentak untuk 12 Kampung di wilayah Kecamatan Bukit, akan diselenggarakan pada tanggal 14 Desember 2021 mendatang.

Dari informasi yang dihimpun media ini, dari 37 bakal calon (Balon)  Reje Kampung di Kecamatan Bukit dua orang calon merupakan perempuan.

Plt Bupati Bener Meriah, Dailami menegaskan, agar para bakal calon turut menjaga situasi dan kondisi (Sikon) yang aman di wilayah masing-masing dalam perhelatan pemilihan Reje Kampung. Untuk itu kepada balon reje Kampung untuk turut serta mensukseskan Pilkades tersebut.

“Perhelatan pemilihan reje kampung sudah terjadi sejak sekian lama, namun intinya bagaimana bisa menjaga kondusifitas desa, karena kita semua saudara satu desa, untuk itu pentingnya kondusifitas dijaga,”pinta Dailami.

Dengan tegas Dailami menyampaikan, Pilkades ini jangan sampai dicederai dengan money politik dan konflik diantara sesama karena berbeda pilihan. Dalam mengantisipasi hal tersebut, para unsur Forkompimcam setempat diharapkan untuk sama-sama turut mengontrol situasi dan kondisi masing-masing sehingga Pilkades serentak ini bisa berjalan aman dan lancar.

Kepada balon reje Kampung, Dailami menghimbau untuk tidak melakukan upaya-upaya yang menghasut masyarakat sehingga sampai terjadi perselisihan dengan calon lain demi mendapatkan suara.

“Untuk menjadi seorang pemimpin kita harus dapat merangkul semua masyarakat dan menjaga warganya agar tetap aman,” tegas Dailami.

Sebelumnya, Camat kecamatan Bukit, Ismail dalam laporanya menyampaikan, 37 bakal calon reje kampung yang mengikuti deklarasi damai hari ini sudah ditetapkan sebagai calon Reje Kampung di 12 Kampung yang akan menyelenggarakan Pilkades di wilayah Kecamatan Bukit.

“Hari ini kita bersama seluruh calon reje kampung melaksanakan deklarasi damai dalam rangka mewujudkan pemilihan reje Kampung yang aman dan kondusif di wilayah Kecamatan Bukit,” tutur Ismail

Dalam kesempatan itu, ia menerangkan, pada 7 hingga 10 Desember 2021 nanti akan dilaksanakan tahapan penyampaian visi dan misi para calon Reje di kampung  masing-masing. Untuk tahapan selanjutnya, 11 Desember hingga 13 Desember nanti adalah minggu tenang artinya tidak ada lagi aktivitas para reje terkait dengan pemilihan.

Ismail juga menyampaikan, untuk biaya pendaftaran calon Reje Kampung dikenakan paling tinggi sebesar Rp. 300 ribu rupiah dan itu adalah nilai maksimal.

“Untuk kertas suara,  nantinya masing-masing panitia penyelenggara sudah menyiapkannya, untuk keamanan seluruh kertas telah diserahkan ke Kecamatan, hal itu untuk menjaga independensi panitia,” ungkapnya []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...