Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 1 November 2021 episode 21 Tahun ke II dengan tema: KPK Kembali ke Aceh, Siapa Terjerat Korupsi? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Terkait Sertifikat Tanah

Dailami Ingatkan Reje Kampung Agar Berhati-Hati Mengeluarkan Izin

IstPlt Bupati Bener Meriah poto bersama dengan warga penerima sertifikat tanah PTSL
A A A

BENER MERIAH – Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah kembali menyerahkan sertifikat tanah masyarakat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk wilayah Kecamatan Bukit.

Sertifikat tanah tersebut diserahkan Pelaksana tugas Bupati Bener Meriah, Dailami secara simbolis, Senin, 11 Oktober 2021 di Aula Kantor Camat Bukit.

Sebagai penerima sertifikat, tampak hadir masyarakat dari Kampung Kenawat, Delung Asli, Tingkem Asli, dan Blang Ara yang merupakan Kampung di wilayah Kecamatan Bukit.

Plt Bupati Bener Meriah, Dailami menyampaikan, program PTSL ini sangat menguntungkan masyarakat dalam memperoleh sertifikat atas tanah yang dimiliki. “Kalau secara mandiri untuk mengurus surat sertifikat ini biasanya biayanya mahal. Namun dengan program PTSL masyarakat diringankan dalam urusan biaya. Inilah wujud kepedulian pemerintah kepada warganya,”kata Dailami.

Dailami meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah tersebut dengan sebaik-baiknya. “ Tidak hanya program PTSL, program vaksinasi gratis ini harus dimanfaat masyarakat sebaik-baik mungkin mumpung gratis.

Menyangkut sertifikat tersebut, Dailami mengingatkan para Reje (Kepala) Kampung untuk berhati-hati dalam mengeluarkan izin. “Periksa dulu kelengkapan dan cek terlebih dahulu status tanah yang akan di beri izin, sehingga tidak terjadi tumpang tindih surat kepemilikan, sehingga masyarakat tidak berhadapan dengan hukum,” tegas Dailami

Sebelumnya Camat  Kecamatan Bukit, Ismail menyampaikan, pada tahun 2020 kecamatan Bukit menerima kouta program PTSL untuk 5 Kampung, selanjutnya pada tahun 2021 ini mendapat kouta 24 kampung, namun yang diserahkan secara simbolis hari ini untuk 4 Kampung.“Sedangkan sisanya 11 kampung insyaallah akan selesai pada tahun 2022 mendatang, karena target kita progam PTSL di Kecamatan Bukit selesai pada tahun 2022 mendatang,”sebut Ismail

Sementara, Kepala Badan Pertanahan Nasional  (BPN) Kabupaten Bener Meriah, Mustafa menyampaikan, tanpa adanya dukungan dari Pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah tentu tidak dapat berjalan sebagai mana yang diharapakan.

“Justru itu kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah  Bener Meriah atas dukungan yang diberikan kepada kami dalam menjalankan program ini,” ujarnya

Diterangkan Mustafa, di tahun 2021 pihaknya  diberikan target 2000 sertifikat SHT melalui kegiatan PTSL dan Alhamdulillah sudah tuntas 100 persen, semua itu atas dukungan yang diberikan pemerintah daerah. Pungkasnya

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...