Mantan Anggota Parlemen RI Ghazali Abbas Adan menyebutkan Wali Nanggroe Memang bukan maqam (neuduek)-nya Malik Mahmud Al Haytar. Dimana seharusnya sosok Wali Nanggroe sebagai pemersatu masyarakat Aceh. Ini disampaikan Ghazali setelah Aktivis Kebudayaan sekaligus Pendiri Institut Peradaban Aceh, Haekal Afifa meminta Wali Nanggroe Aceh menegur dan memperingatkan DPRA terkait polemik yang terjadi dengan Pemerintah Aceh saat ini.

Daftar Kantor BI yang Masih Layani Penukaran Uang Rp75 Ribu

Bisnis.comKaryawan melintas di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta, Senin (3/2 - 2020).
A A A

JAKARTA- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan hampir seluruh kantor yang melayani penukaran uang baru peringatan kemerdekaan 75 tahun RI sudah penuh dengan pemesanan. Namun, masih ada beberapa kantor yang memiliki kuota lebih.

Yakni, kantor BI Sibolga, Sumatera Utara. Diikuti, Papua dan Papua Barat, termasuk Lhokseumawe, Aceh. Kemudian, Ternate, Maluku, Gorontalo dan Mamuju, Sulawesi Barat.

"Ternyata, kami melihat ada beberapa kantor BI yang masih kosong, masih ada 3 persen," ujarnya, Selasa (18/8).

Sekadar mengingatkan, baru sehari pendaftaran dibuka secara daring, kuota untuk 10 hari ke depan telah terisi kurang lebih dari 97 persen.

Artinya, kata Rosmaya, animo masyarakat mendapatkan bilyet peringatan hari kemerdekaan RI sangat besar.

"Sambutan baik ini menandakan bahwa masyarakat tidak hanya melihat uang sebagai sesuatu yang unit tapi juga sebagai bentuk kecintaan terhadap NKRI," lanjutnya.

Ia merincikan dari data per 17 Agustus 2020, aplikasi penukaran bilyet yang masuk sebesar 68.051 pendaftar dari total kuota tersedia sebanyak 70.500 untuk 10 hari ke depan.

Dengan tersisanya kuota sekitar 3 persen, ia menuturkan bahwa masih ada yang perlu dibenahi dari kalkulasi BI. Sebab, targetnya, kuota yang ditetapkan di setiap kantor cabang mencerminkan jumlah permintaan yang sama atau 100 persen.

"Ini tentu jadi evaluasi kami, berarti hitungan rasio penukaran dan sebaran KTP (kurang tepat), sehingga diketahui rata-rata permintaan (per daerah) berapa," katanya.

Sebagai informasi, BI bersama Kementerian Keuangan meluncurkan uang kertas pecahan Rp75 ribu dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-75 tahun pada Senin (17/8).

Masyarakat yang ingin mendapat uang pecahan berwarna merah bisa menukarkan uang rupiah senilai Rp75 ribu untuk 1 lembar uang 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal sama.

Penukaran melalui pemesanan daring lewat situs web BI atau mengunduh aplikasi PINTAR untuk pengguna Android atau iOS.

Jadwal pemesanan dibagi dalam dua tahap. Pertama, 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB - 30 September 2020 di tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten.

Kedua, 1 Oktober 2020 - selesai dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

Sementara, untuk penukaran pemesanan periode pertama, dapat dilakukan di KP BI dan 45 KPwDN mulai 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020.

Kemudian, untuk periode kedua, penukaran dimulai pada 2 Oktober 2020 hingga selesai di Bank Umum yang ditunjuk oleh KP BI serta 45 KPwDN.

Sumber:CNN INDONESIA
Rubrik:NASIONAL

Komentar

Loading...