Khabib Nurmagomedov bakal segera menggelar jumpa pers terkait masa depannya di UFC. Jumpa pers itu makin menguatkan rumor dia bakal batal pensiun. Dilansir dari Russia Today, Khabib sudah merencanakan konferensi pers pada Rabu (2/12) mendatang. "Khabib akan mengadakan pertemuan dengan media pada tanggal 2 Desember, di mana setiap orang dapat mengajukan pertanyaan mereka tentang proyek baru yang telah dan akan diumumkan."

Dr Taufiq A Rahim, SE MSi :

Daerah Hasil Pemekaran Malah Miskin, Apa Kabar ALA?

ISTIMEWADr Taufik Abdur Rahim SE MSi
A A A

BANDA ACEH - Pengamat politik, ekonomi dan pembangunan dari Universitas Muhammadyah (Unmuha) Dr Taufiq Abdul Rahim SE MSi mengatakan, ada beberapa daerah di Aceh yang berencana ingin memisahkan diri dari provinsi atau daerah induk sehingga menjadi timbul pro kontra ditengah masyarakat.

"Saya ingin mengingatkan inisiator pemekaran agar mengkaji lebih jauh soal untung rugi dan memahami regulasinya supaya ke depan masyarakat tidak merasa dirugikan," kata Taufiq, Kamis (5/11/2020).

Pasalnya kata Taufiq, kalau dilihat hasil evaluasi Departemen Dalam Negeri (Depdagri) menunjukkan, lebih banyak daerah otonomi baru (DOB) hasil pemekaran wilayah justru setelah berpisah dari daerah induk menjadi daerah miskin.

Padahal kata akademisi ini, pemekaran wilayah tujuan utamanya untuk membuat daerah otonom baru yang berkembang.

"Makanya, penggiat otonomi daerah
perlu menata kembali hasrat atau keinginan, mana tau kalau ada yang kurang baik," katanya.

Soalnya kata Taufiq Abdul Rahim, pertimbangan moratorium DOB juga dalam rangka evaluasi masih tidak efektif, padahal hasil pemekaran itu diharapkan dapat memaksimalkan efektifitas pemerintahan sehingga mampu menyejahterakan rakyat.

"Nah tapi faktanya, lebih 50 persen daerah otonomi baru (DOB) di Indonesia hasil pemekaran, ternyata tak sesuai harapan." katanya.

Oleh karena itu, sebelum mengajukan pemekaran, seharusnya inisiator atau penggiat terlebih dahulu menyusun rencana induk atawa grand design untuk pemekaran wilayah di daratan tinggi gayo.

Sebab, pemerintah pusat butuh patokan soal jumlah provinsi, kabupaten, dan kota yang ideal untuk Indonesia.

"Pemerintah pasti perlu grand design, idealnya sampai beberapa tahun ke depan," ujar dia.

Sementara terkait kondisi politik sekarang ini, bahwa Nova Iriansyah telah di lantik sebagai Gubernur devinitif oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tentu perlu juga dipertanyakan, apa kabar rencana provinsi ALA..?

Namun Taufiq yakin sekaligus berharap, pasca pelantikan Nova Iriansyah untuk Gubernur, kita doakan kedepan tuntutan DOB tidak ada lagi.

"Mudah-mudahan dengan telah dilantik Pak Nova, tensi atau nafsu untuk pemekaran daerah akan turun, bahkan kalau bisa jangan ada lagi," ujarnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...