Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

Terapkan Qanun Aceh Bagi LKS

CIMB Niaga Konversi KanCab Konvensional Menjadi Syariah

HT ANWAR IBRAHIM.
A A A

BANDA ACEH - Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara menjelaskan, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) yang sebelumnya bank konvensioal kini telah mengkonversi Kantor Cabang (KC) Banda Aceh menjadi Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS).

Dengan konversi ini, CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariahnya (CIMB Niaga Syariah) siap memberikan layanan perbankan yang sesuai prinsip Syariah bagi masyarakat Aceh.

Pihaknya, kata Pandji sangat memahami kebutuhan masyarakat Aceh yang ingin menjalankan prinsip Syariah secara menyeluruh, termasuk dalam bidang perbankan.

"Kami berharap dapat menangkap beragam peluang bisnis Syariah di Aceh dengan optimal, mulai penghimpunan dana, pembiayaan, maupun transaksi perbankan,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P Djajanegara dalam Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah dengan wartawan di Banda Aceh, Senin (28/10/2019).

Diskusi CIMB Niaga Syariah digelar untuk membahas tentang kinerja dan strategi termasuk komitmen untuk memberikan layanan perbankan sesuai prinsip Syariah bagi masyarakat Aceh.

Acara diskusi dihadiri oleh Kepala Bagian Pengawasan LJK Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Aceh Adi Surahmat, S&D Regional Head Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika dan Syariah Branch Manager CIMB Niaga Syariah Banda Aceh Azwar dan Pimpinan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh Husaini Ismail SE Ak serta Ketua Yayasan Wakaf Haroen Aly - Dayah Darul Quran Aceh Dr Muhammad Yasir Yusuf MA.

Konversi dilakukan sebagai komitmen CIMB Niaga untuk mengimplementasikan Qanun Aceh Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang mewajibkan seluruh lembaga keuangan di Aceh menerapkan prinsip Syariah paling lambat tiga tahun sejak Qanun diundangkan atau tahun 2022.

Menurut Pandji, untuk melayani kebutuhan perbankan Syariah masyarakat Aceh, CIMB Niaga Syariah memiliki beragam produk unggulan. Bagi nasabah consumer, salah satu produk yang ditawarkan adalah Tabungan iB Pahala yang memberikan kemudahan untuk calon jamaah haji dan umrah.

Sebagai salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS BPIH) yang terhubung dengan sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, CIMB Niaga Syariah juga dapat melayani pendaftaran calon jamaah haji untuk mendapatkan nomor porsi haji.

Selain Tabungan iB Pahala, kata Pandji, CIMB Niaga Syariah juga menyediakan produk consumer lainnya, yaitu Tabungan iB Mapan Wakaf, Pembiayaan Perumahan (KPR Syariah), serta kartu pembiayaan Syariah Gold dan Platinum Card.

Adapun di segmen business, CIMB Niaga Syariah memiliki produk simpanan, pembiayaan, serta Transaction Banking dan Trade Finance iB untuk mendukung operasional dan pengembangan bisnis nasabah.

Produk-produk tersebut juga didukung dengan layanan perbankan yang setara dengan bank induk, mulai dari jaringan ATM yang luas, CIMB Clicks, Go Mobile, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan lainnya.

"Kami ingin agar nasabah Syariah juga merasakan customer experience yang sama baiknya dengan nasabah konvensional,” ujar Pandji.

Sebagai bank Syariah dengan layanan perbankan digital yang lengkap di Indonesia, CIMB Niaga Syariah juga menyediakan Quick Response Code (QR Code) untuk memudahkan masyarakat dalam membayar donasi zakat, infak, shadaqah, dan wakaf ke sejumlah lembaga mitra CIMB Niaga Syariah.

Ditegaskan bahwa komitmen tersebut salah satunya diwujudkan melalui konversi Kantor Cabang Banda Aceh menjadi Kantor Cabang Pembantu Syariah setelah diberlakukannya Qanun Aceh Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah.

Pembiayaan CIMB Niaga Syariah Naik 31,6%

Pada kesempatan yang sama, Pandji juga menyampaikan kinerja keuangan CIMB Niaga Syariah pada enam bulan pertama 2019. Per 30 Juni 2019, pembiayaan CIMB Niaga Syariah tercatat tumbuh sebesar 31,6% year-on-year (“Y-o-Y”) menjadi Rp27,96 triliun.

Sementara dari sisi pendanaan, CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp27,17 triliun atau tumbuh 37,6% dibandingkan periode yang sama.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...