Praktisi Pendidikan, Drs. Ramli Rasyid, M.Si, M.Pd kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 6 Februari 2023 episode ke 49 Tahun ke 3 dengan tema: Siswa Berprestasi Gagal Sekolah di Mosa, Benarkah Ketua Komite Diduga Kongkalikong dengan Kepala Sekolah Soal Dana Sumbangan? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

SMK PP Saree

Cetak Lulusan Terampil Melalui Praktek Lapangan

Istimewa.
A A A

ACEHIMAGE.COM - SMK PP Saree berkomitmen mencetak lulusan terampil di bidang pertanian melalu praktek kerja lapangan (PKL).

Kepala SMK PP Saree, M Amin SP MP. Menegaskan siswa -siswi perlu menguasai ilmu langsung dari dunia usaha, dunia industri atau lembaga swasta atau pemerintah yang profesional yang bergerak di bidang industry.

“Khusus siswa dan siswi kelas 3 semester ini kita mengadakan kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) selama 2 atau 3 bulan baik di Aceh maupun di luar Aceh dengan 8 kompetensi keahlian,” kata M Amin.

Kedelapan jurusan ini kata M Amin sesuai dengan bidang yang sudah dilakukan MOU dengan pihak industri dan lembaga.

Kemudian melaksanakan kegiatan PKL ini siswa langsung ditempatkan di masing-masing industri yang telah dipilih oleh sekolah sehingga siswa baik teori dan praktek langsung mereka dapatkan dari narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing,” terang M. Amin.

Baik bidang pertanian, peternakan, perkebunan, pengelolaan hasil, dan mekanisasi pertanian dan ini langsung di dapatkan. Dan siswa ada kegiatan sosial seperti ada kegiatan di suatu desa maka kegiatan sosial seperti gotong royong, wirid, posyandu dan kegiatan sosial lainnya,” sambung M Amin.

Diharapkan, siswa dan siswi tahu bagaimana kondisi di lapangan atau di perusahaan atau di tengah-tengah masyarakat itu realitanya bagaimana yang ini menjadi modal awal.

Begitu tamat di SMK PP sare dia akan terjun ke masyarakat sudah tahu bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat. Kemudian perkembangan teknologi di luar bagaimana,”ungkapnya.

Sehingga, begitu selesai dari PKL dan sekembali ke sekolah siswa -siswi dapat melewati tes oleh guru-guru. Selain itu, diharapkan ilmu yang di dapat itu akan menjadi bekal ketika selesai sekolah.

Dengan mempunyai sertifikat itu dan membutuhkan modal kredir usaha rakyat itu sudah ada dasarnya. Kemudian ilmu yang dia dapat akan di imbaskan kepada kawan-kawan atau adik letingnya yang kemudian nanti begitu naik kelas 3 pada ujian kompetisi keahlian sesuai dengan bidang dia dan sudah bisa mengikuti ujian baik yang di adakan oleh lembaga sertifikasi profesi atau di assessment oleh lembaga lainnya,” ujarnya.

Kemudian, siswa dan siswi ini akan memperoleh nilai yang telah dia capai selama 2 bulan di lapangan yang akan menjadi nilai di rapornya. “Untuk PKL mekanisasi di UPTD mekalisasi pertanian di bawah Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, kalau lulusan pangan ada di dinas pertanian, UPTD BBHTPP Aceh dan kelompok penangkar sumatera,” harap M Amin.[]

Sumber:Rilis
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...