Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Cek Peternakan AAB, Wabup Dailami: Lahan Ini Milik Pemerintah!

Pisang Canvendish
A A A

BENER MERIAH - Keberadaan lahan peternakan di Kampung Teget Kecamatan Pintu Rime Gayo diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk peternak dan petani di Bener Meriah. Namun, lahan yang dipergunakan tersebut merupakan milik pemerintah dan bukan untuk dikuasai kemudian menjadi milik pribadi.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Bener Meriah, Dailami, ketika mengecek lahan peternakan AAB di Kampung Teget Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kamis, 15 April 2021.

“Tanah atau lahan ini adalah milik pemerintah yang diperuntukan bagi para peternak, jadi mohon dijaga dan bukan untuk milik pribadi,” tegas Dailami.

Selain mengecek lahan AAB, Dailami turut menyaksikan cara pembersihan dan proses packing pisang canvendish yang berlokasi di BBTPH Kampung Rime Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Dia berharap, sektor peternakan akan mampu berkembang di Kecamatan Pintu Rime Gayo.

"Kita paham dan menyadari apabila ternak dipelihara secara orang per orang maka pertumbuhan menjadi lambat dan dari segi biayapun akan lebih tinggi," jelas Wabup Bener Meriah.

Pemerintah daerah menurut Dailami akan terus mendorong dan mengembangkan peternakan di Bener Meriah. Untuk itu dia berharap agar peternakan AAB segera membentuk kepengurusan baru atau penanggungjawabnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dailami mengingatkan peristiwa yang pernah terjadi dimana ternak kian hari berkurang. "Bukannya bertambah, dan untuk sisa aset yang ada di sini berupa Balai Pembibitan dan Pakan Ternak semoga bisa dimanfaatkan untuk dipergunakan sesuai dengan peruntukannya," tegas Dailami.

Sebelum meninjau lahan peternakan di Kampung Teget, terlebih dahulu Wabup Dailami melihat proses pengolahan pisang Cavendish di Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH) di Kampung Rime Raya Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Di lokasi tersebut secara singkat Wabup Dailami mengatakan, program tersebut merupakan langkah pemerintah daerah untuk mempercepat pelaksanaan pengembangan kawasan hortikultura, berorientasi ekspor.

"Program ini akan menjadi rolemodel manajemen agribisnis yang lebih baik melalui kemitraan dengan pelaku usaha yang sudah memiliki kompetensi untuk ekspor," kata Dailami.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...