Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Gerakan Tanam Jagung Hibrida

Cara Pemkab Bener Meriah Sukseskan Ketahanan Pangan

HUMAS PEMKAB BENER MERIAHGerakan menanam jagung Hibrida
A A A

BENER MERIAH – Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan, Bupati Bener Meriah dan unsur forkopimda forkopumda plus melaksanakan Gerakan Tanam Jagung Hibrida perdana.

Kegiatan gerakan tanam jagung hibrida tersebut juga diwarnai dengan penyerahan bantuan alat-alat pertanian secara simbolis kepada masyarakat Kampung Tembolon Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, Rabu (18/11/2020).

Komitmen kuat Pemkab Bener Meriah bersama jajaran forkopimda forkopimda plus mengaungkan program ketahanan pangan di Kabupaten penghasil kopi arabika itu ditengah pendemi covid-19 untuk meningkatkan perkonomian masyarakat yang terpuruk akibat wabah virus yang melanda dunia.

Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menyampaikan, gerakan menanam Jagung Hibrida dan penyerahan alat-alat pertanian ini adalah sebagai bentuk sinergisistas program pemerintah dengan masyarakat atau kelompok tani yang ada di Bener Meriah khususnya Kampung Tembolon Kecamatan Syiah Utama.

“Ini untuk memotivasi masyarakat, bagaimana bantuan pemerintah ini dapat berguna dan bermanfaat hasilnya, tentunya dengan bimbingan dan arahan dari pada penyuluh, karena penyuluh merupakan unjung tombak di lapangan,"tuturnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Syiah Utama ini, karena begitu bersemangat untuk mengolah lahannya dengan luas kurang lebih 70 Ha, yang mana Pemda melalui Dinas Pertanian Daerah telah membantu dalam penyediaan bibit Jagung Hibrida, dengan harapan bisa memotivasi masyarakat untuk meningkatkan produtivitas tanaman khususnya jagung,”kata Sarkawi.

Abuya Sarkawi, menyampaikan melalui Gerakan Tanam Bersama Jagung Hibrida di kampung Tembolon ini, ini merupakan terobosan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam rangka mendukung dan mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional khususnya di Kabupaten Bener Meriah.

"Hari ini kita mulai gerakan menanam jagung Hibrida di Tembolon besok atau lusa gerakan yang sama juga akan dilakukan dikampung lainnya, dan ini merupakan langkah awal yang bagus dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional khususnya di Bener Meriah, apalagi dampak Pandemi saat ini ekonomi melambat, jadi dengan memanfaatkan lahan kosong ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat," tandas Sarkawi.

Bupati Sarkawi juga memberi semangat kepada para penyuluh, dimana penyuluh yang aktif akan diumrahkan tahun depan.

"Makanya saling berlomba lah untuk menjadi lebih baik, beri pelayanan dan pembelajaran kepada petani agar petani busa terampil memiliki kemampuan dalam bertani, "pungkasnya.

Sebelumnya Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Bener Meriah Ir Nurisman dalam laporan singkatnya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah sampai sekarang tetap konsen terhadap pertanian, tidak hanya semata di sentral kopi, padi dan jagung tapi tanaman lainnya juga sangat berpotensi untuk dikembangkan.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...