Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh, HT. Novizal Aiyub, SE. Ak, kembali menjadi narasumber peHTem edisi Senin 26 September 2022 episode ke 11 Tahun ke 3 dengan tema: Peran PDAM Tirta Daroy Dalam Melayani Pelanggan dan Menjaga Kualitas Air yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Cara Mencegah Hepatitis Misterius pada Anak

Arutz zhevaAnak terkena hepatitis misterius
A A A

ACEHIMAGE.COM - Penyakit hepatitis misterius yang menyasar anak-anak di dunia menjadi perhatian publik bahkan memicu kekhawatiran. Apalagi Indonesia juga belum bebas sepenuhnya dari pandemi Covid-19.

Melihat perkembangan kasus yang telah masuk ke Indonesia, dokter anak mengungkapkan penyebab hingga cara pencegahan hepatitis misterius pada anak tersebut.

"Ada isu atau berita kalau kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19. Itu tidak benar, karena kejadian Hepatitis akut ini tidak ada bukti bahwa ada hubungan dengan vaksin Covid-19," ujar Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A (K), Dokter Anak konsultan Gastrohepatologi.

Menurutnya munculnya penyakit hepatitis akut misterius yang bersamaan dengan Covid-19, jadi pemicu masyarakat beranggapan adanya keterkaitan. Padahal penyakit ini berbeda.

"Hubungan virus Covid-19 dengan hepatitis akut saja belum bisa ditentukan, (masih diselidiki), apa lagi dengan vaksin Covid-19-nya," sambungnya.

Pencegahan Hepatitis Misterius
Dokter Hanifah menerangkan, ada beberapa cara mencegah infeksi saluran cerna dan nafas. Menurutnya, virus yang menyerang saluran cerna bisa dicegah dengan menjaga kebersihan tangan dan menjaga asupan yang dikonsumsi.

"Dari saluran nafas kita bisa melakukan tindakan mencuci tangan terutama saat makan dan minum. Memastikan makanan/minuman matang, dan tidak menggunakan alat makan bersamaan, serta menghindari kontak dengan kontak orang yang sakit," jelas Dokter Hanifah.

Sementara, untuk mencegah infeksi virus dari saluran pernafasan, sebagai orang tua bisa menjaga protokol kesehatan Covid-19. Dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas yang selama ini sudah menjadi aturan jadi kebiasaan selama pandemi Covid-19.[]

Sumber:okezone.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...