Bantuan Jaring ikan bersumber APBK tahun anggaran 2020 senilai Rp 1,4 Miliar yang diserahkan untuk kelompok nelayan kakap putih Kecamatan Seuneddon Kabupaten Aceh Utara diduga bermasalah. Mencuatnya aroma bermasalah bantuan jaring ikan untuk para nelayan tersebut, berdasarkan informasi yang diterima media ini dari kalangan masyarakat. “Bantuan jaring ini sudah diserahkan kepada nelayan sebanyak 144 orang dari jumlah usulan 166 orang, karena dipangkas anggaran faktor pandemi, maka yang mendapat bantuan 144 orang. Berupa bantuan lima lembar jaring, 30 kg timah pemberat dan pelampung jaring,” jelasnya Kamis (21/01/2021).

Bupati Serahkan TTG untuk 130 Gampong di Aceh Selatan

MUHAMMAD ILHAMBupati Aceh Selatan Tgk Amran meyerahkan Alat Tekhnologi Tepat Guna (TTG) kepada 130 Gampong
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meyerahkan Alat Tekhnologi Tepat Guna (TTG) kepada 130 Gampong, Kamis (3/12/2020) bertempat kantor DPMG daerah setempat.

Tgk Amran menyampaikan, tekhnologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dapat menjawab keluhan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, murah serta menghasilkan nilai tambah baik dari aspek ekonomi maupun lingkungan.

"Guna situasi saat ini kita mengharapkan masyarakat mampu untuk berinovasi menciptakan sesuatu tekhnologi tepat yang sederhana yang mempunyai nilai manfaat yang besar, baik dari aspek pertanian, kesehatan, maupun yang lainnya," kata Tgk Amran

Lanjutnya, Alat-alat yang dibawa-bawa hari ini merupakan hasil karya cipta masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, yang kemudian diperbanyak oleh Dinas Perberdayaan Masyarakat dan Gampong Propinsi Aceh.

Adapun alat alat TTG yang disalurkan berupa mesin pengupas pinang sebanyak 45 unit, dan alat Tabela (tanam benih langsung) sebanyak 74 unit.

Alat alat Tekhnologi Tepat Guna diserahkan hari ini, bisa digunakan untuk digunakan bagi masyarkat didesa, serta dapat menghidupkan kagiatan pos pelayanan teknologi desa (posyantekdes) yang sudah terbentuk di desa-desa dalam kabupaten Aceh Selatan.

Dalam kesempatan itu juga, Kadis DPMG Kabupaten Aceh Selatan, Agustinur SH melalui Kabid Pemberdayaan SDA TTG, dan Bantuan Pembangunan Teuku Rachmad SSTP menyatakan, penyerahan alat Bantuan Tekhnologi Tepat Guna, berupa mesin pengupas pinang sebanyak 45 unit Mesin tabela (tanam benih langsung 74 unit) berharap agar alat tersebut dapat berguna di masyarakat Kabupaten Aceh Selatan, serta dapat meningkatkan peningkatan ekonomi masyarakat Desa melalui kegiatan posyantekdes.

"Sampai tahun 2020 Kabupaten Aceh Selatan sudah terbentuk posyantek Desa sebanyak 60%, kita optimis tahun 2021 bisa selesai pesanan posyantekdes 100% di seluruh Desa dalam Kabupaten Aceh Selatan,"pungkasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...