Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Bupati Resmikan Gedung Baru Pasar Inpres Tapaktuan 

MUHAMMAD ILHAMPeresmian gedung baru pasar inpres Tapaktuan
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meresmikan gedung baru pasar inpres Tapaktuan yang direvitalisasi tahun 2020 sejak berdiri tahun 1980, Rabu (17/3/2021).

Salah satu upaya pemerintah daerah untuk mempercepat pemulihan kondisi akibat kelesuan ekonomi yang terjadi sebagai dampak pandemi covid-19.

Pada kesempatan tersebut Tgk Amran menandatangani prasasti dan pengguntingan pita beroperasinya pasar inpres Tapaktuan yang bersumber dari sumber dana otonomi khusus aceh (doka).

Pasar inpres Tapaktuan menyediakan fasilitas untuk kios daging untuk 20 pedagang, ikan 20 pedagang, sayur 150 pedagang serta 70 pedagang sembako dan  aksesoris.

"Revitalisasi pasar yang menelan biaya milyaran rupiah ini  jangan disia-siakan,"kata Bupati Aceh Selatan.

Lanjutnya, perlu memperhatikan aspek kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan sehingga kesan pasar tradisional yang kumuh, kotor serta jorok bisa dihilangkan,  penataan pasar  juga diharap dapat dilakukan dengan maksimal sehingga bernuansa estetika pasar modern.

"Berharap masyarakat bisa merasakan manfaat pasar inpres tapaktuan dalam   jangka panjang dengan rasa aman dan  nyaman dalam bertransaksi baik bagi pedagang maupun pembeli bisa ditingkatkan lagi,"jelasnya.

Kepada pengelola pasar inpres tapaktuan benar benar memperhatikan aspek pendayagunaan dan pemeliharaannya.

"Kedepannya pasar inpres Tapaktuan diharapkan mampu mengakomodasi berbagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara lebih baik,"ungkapnya.

Selain itu, pengembangan pasar diharapkan bisa diciptakan tentu selain berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga menjadi bagian dari upaya pemenuhan hak-hak  masyarakat akan layanan publik yang berkualitas serta misi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas transaksi ekonomi dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

"Kami menekankan bahwa  pasar inpres Tapaktuan merupakan asset negara yang dikuasakan kepada pemerintah daerah, sehingga asset tersebut harus dijaga, dirawat dan dikelola dengan baik. Bagi  para pedagang  bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya bangunan ini  dengan cara menjaga kebersihan dan ketertiban pasar agar terkesan lebih elegan,"tegasnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...