Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 1 November 2021 episode 21 Tahun ke II dengan tema: KPK Kembali ke Aceh, Siapa Terjerat Korupsi? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Terminal Tipe B dan Terminal Angkut Barang

Bupati Bener Meriah Resmikan Pemakaian Dua Terminal

ISTIMEWAPeresmian pemakaian terminal
A A A

BENER MERIAH – Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi meresmikan pemakaian terminal B dan terminal angkut barang Kabupaten Bener Meriah yang terletak di Ketipis, Kecamatan Bukit, Kamis (4/3/2021).

Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dalam arahannya, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh yang telah mewujudkan keinginan Pemkab Bener Meriah untuk memiliki terminal penumpang Tipe B yang berfungsi melayani Kendaraan penumpang umum untuk angkutan Kota dalam Provinsi (AKDP).

Fungsi lainya, adalah untuk Angkutan Kota (AK) dan Angkutan Pedesaan (ADES) di Kabupaten Bener Meriah.

"Hari ini momen spesial untuk Bener Meriah dengan diresmikannya terminal Tipe B Ketipis. Terminal ini bagi kami sangat penting telah difungsikan,"kata Sarkawi.

Untuk itu, Sarkawi berterimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh yang telah menyahuti harapan dan berkat koordinasi dan komunikasi kita melalui Kadis Perhubungan Bener Meriah dengan Pemerintah Aceh akhirnya terminal ini bisa beroprasi.

Diketahui terminal ini bertipe C dan beralih ke tipe B dimana terminal ini dibutuhkan untuk optimalisasi pelayanan transportasi kepada masyarakat.

Menurut Sarkawi, poin yang penting yang tidak disadari bahwa Bener Meriah itu adalah pintu gerbang untuk menuju Gayo, yang jarang dieksplor, jarang dioptimalkan posisinya, harus digali bahwa Bener Meriah adalah pintu gerbang menuju Gayo.

“Di Bener Meriah kita punya Bandara Rembele yang juga menjadi sarat yang paling penting untuk saat ini menuju Gayo,"ujar Sarkawi.

Transportasi sangat penting, modal utama untuk pembangunan adalah transportasi, pembangunan tidak akan berjalan kalau transportasinya tidak berjalan maksimal. Tanpa terminal, transportasi akan susah untuk dikoordinasikan, akan susah untuk dimobilisasi.

“Terminal ini makanya harus terbit, upgrade statusnya. Kalau saat ini terminal yang dimiliki Bener Meriah Tipe B kedepan kita harapkan naik menjadi Tipe A,”harap Bupati Bener Meriah.

Kepada Kepala Dinas Perhubungan Bener Meriah, Sarkawi menekankan agar terus berkoordinasi dengan Organda, Ekspedisi, dan semua elemen supaya terminal ini berjalan dengan yang kita harapkan.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyebutkan, terkait angkutan udara telah dilakukan penanda tanganan pengajuan penambahan rute pesawat, “Kita meminta penambahan rute Bener Meriah Banda Aceh, dan Bener Meriah Sabang, serta Bener Meriah Aceh Tenggara,"ungkap Sarkawi.

Sebelumnya Kepala Penyelenggaraan Terminal UPTD Tipe B Aceh Erizal A Murpi dalam sambutan menyampaikan, atas nama Dinas Perhubungan Aceh serta atas nama Pemerintah Aceh sangat bangga dan berbahagia atas terlaksanannya oprasional perdana terminal Tipe B Bener Meriah pada hari itu.

Kata Erizal, oprasional perdana terminal Tipe B Bener Meriah tersebut adalah soft launching. Dalam pelaksanaanya sudah mempunyai beberapa tahapan, yang pertama sosialisasi, akan fokus pada pendataan terminal yang akan menjadi bahan evaluasi dan pengambilan kebijakan level pimpinan atas.

Tahap berikutnya, akan dilakukan rehabilitasi perawatan, ditahap ketiga baru dilakukan oprasional yang sesuai dengan SOP,

"Target pada tahun 2022 oprasional terminal Ketipis akan berjalan sesuai Standar Oprasional Prosedur (SOP) dan ketentuan yang telah ditetapkan,”kata Kepala Penyelenggaraan Terminal UPTD tipe B Aceh Erizal A Murpi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bener Meriah Abdul Gani dalam kesempatan tersebut menyampaikan, dengan adanya terminal angkutan barang dan bongkar muat akan mempercepat sinergitas pergerakan orang dan barang di Bener Meriah yang dalam jangka panjang dapat memicu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Sebutnya

Peresmian Terminal tersebut turut dihadiri, Unsur Forkopimda Bener Meriah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah Drh Sofyan, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh yang diwakili Kepala Penyelenggaraan Terminal UPTD tipe B Aceh Erizal A Murpi beserta rombongan, Kepala Dinas Perhubungan Bener Meriah Abdul Gani SP M Si, Kasatpol PP dan WH Miharbi, Kepala Bandara Rembele Faisal Ali, Kabag Ops Polres Bener Meriah AKP Sabirin, Koramil Bukit Kapten Trimo, Ketua Organda Bener Meriah Ajwin , Ketua KNPI Bener Meriah Fazar Syahputra serta Ketua IPK Hidayat.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...