Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Bupati Bener Meriah Dorong Masyarakat Lestarikan Hutan

SAMSUDDINKegiatan peran wanita, budaya dalam menjaga sumber daya alam di Kampung Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, Selasa (17/11/2020).
A A A

BENER MERIAH – Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi bersama Bupati Kabupaten Aceh Tengah Drs Shabela Abubakar menghadiri acara yang bertajuk peran wanita, budaya dalam menjaga sumber daya alam yang digelar di kampung Damaran Baru Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bener Meriah Tgk Sarkawi mengatakan, pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Bener Meriah memiliki beberapa program yang mendorong masyarakat untuk melestarikan Alam dan Hutan untuk dapat menghasilkan income keluarga maupun Kampung, Kecamatan bahkan Kabupaten.

Menurut Abuya Sarkawi, saat ini peran perempuan dibidang kehutanan masih menghadapi banyak kendala karena hutan itu dipandang sebagai dunia laki-laki yang membutuhkan kekuatan fisik. Padahal sektor kehutanan saat ini justru banyak diwarnai kepemimpinan perempuan. Bahkan Menteri LHK juga merupakan seorang perempuan, dan jajaran eselon-nya juga banyak diisi oleh perempuan.

"Mareka berperan sentral dalam proses pengambilan keputusan, negosiasi internasional, kegiatan tekhnis kehutanan, dan ujung tombak pengelolaan di tingkat dasar,"papar Bupati.

Kata Sarkawi, dengan Tagline, “Suara Perempuan Untuk Senyum Generasi Hijau” itu berarti perempuan harus berperan signifikan dalam mewujudkan hutan lestari. Di level konsumen, peran perempuan dalam mengatur konsumsi keluarga yang sangat vital dan menjadi penentu, dengan memilih hanya produk yang memiliki label lestari.

Ia juga mencontohkan, hutan yang ada di Kampung Damaran Baru ini memiliki potensi untuk membawa manfaat positif bagi perempuan dan juga laki-laki , jika dirancang dengan baik. Sebagai pengguna primer dan pengelola hutan, perempuan sangat bergantung pada hutan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan lainnya. Jadi perempuan dan Laki-laki harus bekerja sama dengan baik di Gayo ini dengan Egaliter, terkait dengan program hutan ini.

"Walaupun kita tau bahwa hutan itu merupakan kewenangan dari Kementerian tapi ada pola dan cara lain yang dapat kita tempuh , yaitu menjalin kerjasama guna pembentukan kawasan-kawasan hutan yang dikelola masyarakat seperti di Damaran Baru ini , hutannya tetap Lestari tetapi hasilnya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar dan menghasilkan sesuatu," ungkapnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...