Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Briptu Arif Selamatkan Tas Jamaah Masjid Ruhama

JURNALISABriptu Arif
A A A

ACEH TENGAH  - Tolong....tolong...tolong... begitu pekikan suara perempuan dari halaman Masjid Ruhama yang terletak di tengah Kota Takengon. Perempuan yang tampaknya baru menyelesaikan sholat Ashar itu berteriak karena seorang lelaki yang mengenakan jaket warna hitam dengan les merah merampas tas dari genggamanya.

Perempuan yang belum diketahui namanya itu terus berteriak sambil mengejar. Namun untung masih ada orang lain disekitar yang tanggap dan cekatan mendengar teriakan tadi.

Briptu Arif dan Aji anggota Polres Aceh Tengah mendengar teriakan tadi, langsung mengejar dan dan berteriak, “Hey..berhenti..berhenti, atau saya tembak,” kata Arif yang baru keluar dari Mapolres usai melaksanakan ape sore.

Tidak sampai disitu saja, pencuri yang berinisial DF ingin menguasai barang rampasanya terus berlari, sampai jarak yang tidak begitu jauh, Briptu Arif kembali berteriak, “Berhenti atau kami tembak,” kata Arif dengan nada tegas.

Dan spontan DF (pencuri-red) tas seorang perempuan tadi berhenti. Mungkin mendengar kalimat “tembak” pria tadi lebih takut kalau dirinya cedera, dari pada membawa lari tas si perempuan.

Kepada Media Briptu Arif mengatakan, dirinya saat itu baru selesai apel sore hari dan pulang kerumah. Namun karena ada teriakan meminta tolong dengan spontan naluri untuk melakukan tindakan pertama dilakukan dengan cara mengejar.

“Saya dan Aji terus berusaha mengejar dan mengatakan akan menembak kalau tidak menyerah, padahal saat itu saya tidak membawa senpi, hanya spontan melakukan pertolongan terhadap wanita yang tas tanganya dibawa pencuri,” kata Arif sambil mengatakan kejadian Jum`at (19/3) sore hari.

Briptu Arif diketahui sebagai anggota Mapolres Aceh Tengah, yang ditugaskan AKBP Sandy Sinurat sebagai Mitra Wartawan dibagian Humas. Saat ini tersangka yang melakukan penjamretan sebuah tas milik jamaah masjid Ruhammah sudah ditahan di Mapolres Aceh Tengah. (JUR)

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...