Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Instruksi Presiden Tentang Optimalisasi Program Jamsostek

Jamsostek
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan meminta semua pihak untuk mengambil langkah yang diperlukan sesuai tugas dan wewenang dalam mendukung implementasi program Jamsostek. Langkah tersebut termasuk membuat regulasi pendukung dan pengalokasian anggaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Sekda Said Azhar saat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) tindaklanjut Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bersama BPJS ketenagakerjaan. Rakor tersebut digelar di ruang rapat setdakab, Selasa, 27 April 2021

Bupati Aceh Selatan mengatakan pemerintah hadir dan melindugi masyarakat, terutama bagi pegawai pemerintah yang masih berstatus honorer atau tenaga kontrak pemerintah. Hal ini dilakukan supaya mereka dapat memiliki legalitas, sehingga OPD dapat mengalokasikan anggaran bagi pendaftar honorer sebagai peserta program BPJS.

"Dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tersebut juga diperlukan sinkronisasi regulasi terkait norma, standar, prosedur, dan kriteria pelayanan publik di daerah dalam rangka memastikan setiap orang terdaftar menjadi peserta aktif," katanya.

BPJS Ketenagakerjaan turut mendorong pimpinan daerah untuk mendaftarkan para pekerja termasuk non-ASN di wilayahnya, menjadi peserta aktif dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Selain itu diperlukan penyediaan akses data penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk dapat dimanfaatkan sebagai data kepesertaan program Jamsostek.

"Meningkatkan pembinaan dan pengawasan kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota terkait pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Plt Sekda turut menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) secara simbolis kepada ahli waris almarhumah Era Ekawati. Santunan JKM juga diberikan kepada ahli waris almarhum Samsul Rizal. Masing-masing ahli waris mendapat Rp42 juta.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...