Zikrayanti, MLIS, PhD (Cand) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 23 September 2021 episode 10 Tahun ke II dengan tema: Terkait Vaksin Siswa, Wali Murid Minta Gubernur Pecat Kadisdik Aceh, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Kampung Uning Mas

Berpotensi Menjadi Wilayah Agroforestry dan Agrowisata

istimewaCamat Pintu Rime Gayo, Eddy Irwansyah
A A A

BENER MERIAH – Masih minimnya fasilitas infrastruktur  pembangunan, sebanyak tiga Kampung di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah masuk kategori Indeks Desa Tertinggal diantaranya, Kampung Uning Mas, Pantan Sinaku, dan Kampung Pantan Lah.

Pasalnya, bukan hanya akses jalannya yang dengan kondisi rusak, fasilitas pelayanan kesehatan pun hingga saat ini belum tersedia  apalagi jaringan internet. Kondisi tersebut yang terjadi di Kampung Uning Mas.

Jika warga disana membutuhkan pelayanan kesehatan, maka mereka harus rela menempuh jarak 11 kilomer dari tempat tinggal meraka menuju Puskesmas Blang Rakal, dengan menelusuri jalan rabat beton dengan kondisi Sembilan puluh persennya sudah rusak.

Namun, dibalik itu,  Kampung Uning Mas memiliki banyak potensi pertanian, wisata dan sumber daya alam jika itu dimaksimalkan tidak menutup kemungkinan 60 kepala keluarga yang mendiami Kampung Uning Mas  hidup dalam  kesejahtera.

Di Kampung Uning Mas, terdapat potensi wisata air terjun dan wisata sungai. Disisi lain, Kampung Uning Mas juga memiliki sumber daya alam yakni sumber air panas dan belerang.

Tak hanya itu, Kampung yang berjarak 11 kilo meter dari pusat perkotaan Kecamatan Pintu Rime Gayo itu kaya akan Satwa yang dilindungi diantaranya Kambing Hutan.

Hal itu diungkapkan, Camat Kecamatan Pintu Rime Gayo, Eddy Irwansyah saat dikonfirmasi acehimage.com, Sabtu, 7 Agustus 2021 melalui pesan WhatsApp.

Justru itu, sebagai fasilitas pendukung diharapkan pembangunan jalan aspal serta pembangunan Polindes segera terwujud.

“Alhamdulillah, dalam kunjungan bapak Plt Bupati Bener Meriah ada beberapa program yang disampaikan kepada masyarakat Uning Mas yakni pengaspalan jalan dari Kampung Bintang Berangun hingga Uning Mas serta akan membangun Polindes,” kata Eddy Irwansyah

Masyarakat Kampung Uning Mas, merespon positif program yang disampaikan Plt Bupati Bener Meriah bahkan tadi masyarakat Uning Mas telah menyerahkan surat lahan untuk pembangunan jalan serta surat tanah untuk lokasi pembangunan Polindes tersebut.  Terang Eddy.

Menurut Eddy, karena sebahagian wilayah Kampung Uning Mas berada dalam kawasan hutan lindung, untuk mengelola kawasan yang kaya potensi wisata dan potensi SDA Nya maka konsep yang ditawarkan adalah dengan membentuk Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD).

“Tadi malam kita berdiskusi dengan masyarakat Uning Mas, kita menawarkan pola LPHD (Lembaga Pengelola Hutan Desa ) dan masyarakat sangat setuju, dalam beberapa waktu kedepan kita akan bermitra dengan WALHI dan organisasi Komatiga untuk memfasilitasi proses pembentukan LPHD Kampung Uning Mas,” jelas Eddy.

Ia menerangkan, melalui LPHD Kampung Uning Mas  itu nantinya, Uning Mas akan dibangun dengan konsep agroforestry (Wanatani) serta konsep agrowisata yang. Ungkap Eddy

Harapan kita infrastruktur pendukung seperti pembangunan jalan, fasilitas kesehatan, dan LPHD tersebut segera terwujud dalam waktu dekat. Tutup Camat PRG itu []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...