Dirlantas Polda Aceh, Kombes. Pol. Dicky Sondani, SIK, MH yang diwakili Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Aceh, Kompol. T. Zainal Amri, SH, SIK menjadi narasumber peHTem edisi Senin 30 Mei 2022 episode ke 81 Tahun ke II dengan tema: Pelat Hitam Atau Pelat Putih?, yang dipandu oleh host Siti Aminah, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Bener Meriah Kembali Terima Nilai SAKIP B

IstPenilaian SAKIP dan RB
A A A

ACEHIMAGE.COM - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah kembali menerima hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Award 2021.

Penyerahan hasil evaluasi tersebut diterima Selasa, 5 April 2022 di Jakarta. Acara penyerahan SAKIP dan RB Award 2021 tersebut digelar secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan. Turut hadir pada acara itu, Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Rini Widyanti.

Untuk nilai SAKIP sendiri, Kabupaten Bener Meriah mendapatkan nilai B dan untuk nilai RB mendapatkan nilai CC. penyerahaan penghargaan itu dihadiri sebanyak 44 perwakilan dari Instansi Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang menerima penghargaan.

Wakil Bupati  Bener Meriah Dailami, yang hadir langsung menyaksikan penyerahan penghargaan itu  menyampaikan,  syukur Alhamdulillah kita panjatkan kepada Allah SWT serta ucapan terimakasih kepada Kemenpan RB, juga terimakasih dan apresiasi kepada seluruh SKPK.

“Alhamdulillah, Kabupaten Bener Meriah meriah nilai B untuk SAKIP dan CC untuk RB pada tahun 2021, artinya ada peningkatan untuk nilai RB dari tahun lalu dari nilai C ke nilai CC,” kata Dailami.

Dailami menambahkan,  memang setiap tahun, Kemenpan RB selalu melakukan evaluasi terhadap SAKIP dan RB terhadap seluruh instansi pemerintah, itu gunanya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Ujar Dailami.

Dengan keberhasilan yang diraih Kabupaten Bener Meriah, sambung Dailami,  mempertahankan nilai SAKIP dan meningkatkan nilai RB dalam pagelaran  SAKIP dan RB Award 2021. Ini tentunya tidak terlepas dari keberhasilan yang dicapai dan diraih seluruh ASN Kabupaten Bener Meriah dalam melakukan berbagai inovasi dalam tata kelola pemerintahan, yang berujung kepada  efisiensi dan efektivitas khususnya dalam penggunaan anggaran. Sebutnya.

Dailami  mengutip apa yang disampaikan oleh Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto, dikatakannya rata-rata nilai SAKIP pada kementerian/lembaga meningkat menjadi 71,30 dari sebelumnya 70,75, sedangkan untuk Pemerintah Provinsi menjadi 70,88 yang sebelumnya 70,02, sementara untuk  pemerintah kabupaten/kota menjadi 61,60 dari sebelumnya 60,68.

Sementara untuk RB, rata-rata nilai nasional meningkat, dengan rincian 75,65 dari sebelumnya 74,93 untuk kementerian/lembaga, 65,63 dari sebelumnya 64,28 untuk pemerintah provinsi, serta 54,44 dari sebelumnya 53,85 untuk pemerintah kabupaten/kota. Jelas Dailami.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bener Meriah, Drs Haili Yoga M Si menyebutkan,  terkait dengan perolehan nilai SAKIP dan RB yang diraih oleh Kabupaten Bener Meriah tentu kita sangat bersyukur kepada Allah SWT dan terimakasih kepada seluruh ASN dalam pemerintahan Kabupaten Bener Meriah.

“Atas nilai yang kita peroleh kita patut bersyukur, pun demikian lantas tidak harus membuat kita berpuas diri namun melainkan kita harus tetap mempertahankan bahkan meningkatkannya untuk kedepannya. Penilaian SAKIP dan RB yang dilakukan oleh Kemenpan RB adalah untuk menilai hasil kinerja atau outcome, untuk mewujudkan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil dan berbudaya kinerja dengan sasaran utamanya adalah  kepada kepentingan masyarakat, utamanya masyarakat Bener Meriah,”terang Haili Yoga.

Menurut Haili Yoga,  apa yang disampaikan oleh Kemenpan RB, hingga tahun 2021, ada 1 Pemerintah Provinsi mendapat predikat A, 5 Pemprov dan 12 pemerintah Kabupaten/kota yang mendapat predikat BB, 22 Pemerintah Provinsi dan 127 Kabupaten/Kota mendapat predikat B.

Sementara menyisakan  308 Pemerintah daerah yang masih mendapatkan nilai CC ke bawah. Dengan demikian, meningkatnya partisipasi evaluasi reformasi birokrasi dan peningkatan nilai akuntabilitas menunjukan bahwa komitmen serta keinginan daerah juga semakin meningkat seiring manfaat, termasuk yang dirasakan Pemkab Bener Meriah. Tandas Haili Yoga. []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...