Seorang pasien berstatus dalam pengawasan (PD) berinisial M (60), warga sebuah desa di Kabupaten Aceh Barat, meninggal dunia dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Nagan Raya, Aceh. Pasien perempuan ini meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis sejak awal Juli lalu, setelah dirujuk dari RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat pada Jumat (3/7) sore jelang petang.

Camat Bener Kelipah Insisiasi Qanun Perlindungan Sumber Air

Bendungan Jelobok Berpotensi Sebagai Objek Wisata

SAMSUDINBendungan Jelobok
A A A

BENER MERIAH – Keberadaan Bendungan Jelobok yang berada di Kecamatan Bener Kelipah, merupakan sumber air bersih yang di konsumsi masyarakat di sana dan masyarakat Kampung Pondok Ulung Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah.

Guna untuk menjaga kelestarian sumber mata air pada Bendungan Jelobok itu, Camat Bener Kelipah Safriadi SPd MPd menginisiasi pembentukan Qanun antar kampung yang mengatur tentang tatakelola air bersih di daerah Kecamatan Bener Kelipah.

Supriadi kepada wartawan, Senin (30/12/2019 ) menyebutkan, secara turun temurun Bendungan Jelobok merupakan sumber mata air yang di manfaatkan oleh masyarakat Bener Kelipah, terutama masyarakat Kampung Gunung Musara Bener Kelipah dan masyarakat Kampung Pondok Ulung Kecamatan Bandar.

Ia menambahkan, Bendungan Jelobok seluas kurang lebih 2 hektar merupakan sumber air bersih yang dikonsumsi masyarakat baik untuk air minum sehari-hari maupun untuk kebutuhan lainnya,

“Untuk itu agar  kebersihanya selalu terjaga maka perlu untuk di buat qanun antar kampung tentang perlindungan sumber air bersih ini,”ucap Camat Bener Kelipah itu.

Sufriadi menambahkan, sebagai salah satu Bendungan terluas tidak menutup kemungkinan Bendungan Jelobok ini dapat dikembangkan sebagai objek wisata yang potensial di Kecamatan Bener Kelipah.

“Kita berharap dengan adanya qanun itu nantinya, pengembangan dan perlindungan sumber air bendungan Jelobok dapat menjadi destinasi wisata, yang memberikan manfaat bagi kampung,”pinta Sufriadi.

Dikatakan Sufriadi, untuk menginisiasi qanun ini, dia sudah perintahkan Seketrais camat ( Sekcam ) untuk meminta rujukan kepada DinasPemberdayaan dan Kampung (DPMK) Kabupaten Bener Meriah dan Kampung Hakim Bale Bujang yang berada di Kabupaten Aceh Tengah.

Sementara itu, Kasi PMK Kecamatan Bener Kelipah Nawawi S Sos menerangkan, saat ini pihaknya sedang mengodok draff qanunnya, semoga di awal tahun ini dapat kita musyawarahkan dengan para tokoh masyarakat dan para Reje (Kepala ) Kampung).

Sementara, Anshar S Mukim Bener Kelipah menyampaikan, setelah qanun ini selesai nantinya sangat berharap segera disusun master plan pengembangan sumber air Bendungan Jelobok sebagai onjek wisata refresentatif.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...