Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri ST, narasumber peHTem edisi Kamis 24 Juni 2021 episode 50 dengan tema: Dewan Partai Aceh Sibuk Pokir, Peringatan Muzakir Manaf Serius atau Sensasi?, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Beban Listrik Terlalu Tinggi di TPI Keude Meukek, Stok Ikan Disuplai ke Medan

Rombongan BPH Migas mengunjungi SPBUN TPI Keude Meukek Aceh Selatan, Minggu, 9 Mei 2021
A A A

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran mengatakan Kompleks Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Keude Meukek saat ini sama sekali tidak terkendala dengan cold storage. Namun, TPI tersebut justru terbebani dengan biaya tagihan listrik yang mencapai Rp90 juta per bulannya.

"Hal ini membuat mitra pengelola terkendala dan mengakibatkan cold storage dengan infrastruktur bantuan APBN ini belum berfungsi dengan optimal," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Dzumairi ketika mendampingi Bupati Amran yang menyambut kedatangan Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa, Minggu, 9 Mei 2021.

Kedatangan Fanshurullah Asa dalam rangka "BPH Migas Goes to Sumatra" dengan turut melihat kondisi SPBUN di TPI Meukek.

Dzumairi mengatakan kapasitas cold storage untuk menyimpan produksi ikan tersebut mencapai 100 ton. Namun lantaran terkendala dengan beban listrik, ikan hasil tangkapan nelayan terpaksa disuplai ke daerah lain, seperti ke Medan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPH Migas Fanshurullah menganjurkan Aceh Selatan agar mendirikan pabrik pengalengan ikan.

Menurutnya dengan adanya pabrik tersebut, maka sebagian ikan hasil tangkapan nelayan dapat langsung dikelola di Aceh Selatan. Selain itu, keberadaan pabrik tersebut juga dapat menyerap tenaga kerja serta membuka potensi kuliner seafood. "Sebagaimana telah dimulai oleh daerah lain," kata Fanshurullah.

Sementara untuk kendala listrik, Fanshurullah menyarankan agar Pemkab Aceh Selatan mengonversi energi listrik ke gas dengan menggunakan isotank LNG.

Rombongan BPH Migas menjadwalkan perjalanan ke Banda Aceh setelah menyambangi Aceh Selatan. Di ibu kota provinsi, tim BPH Migas akan bertemu dengan Gubernur Aceh dan BPMA. "Berbagai permasalahan yang didapatkan selama kunjungan lapangan akan dibicarakan dengan Gubernur Aceh," kata Fanshurullah.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...