Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Bank Aceh Syariah Resmi Sebagai Penyalur BPUM Tahun 2021

Tandatangan BAS dengan Kementerian Koperasi
A A A

BANDA ACEH - Bank Aceh Syariah resmi ditetapkan sebagai bank penyalur bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021.

Penunjukan Bank Aceh Syariah secara resmi ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kementrian Koperasi dan UKM RI dengan Bank Aceh Syariah, tentang penyaluran bantuan bagi pelaku usaha mikro, di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Selasa, 6 April 2021.

"Dalam agenda penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, Bank Aceh Syariah dihadiri oleh Direktur Utama Haizir Sulaiman. Ikut mendampingi Pemimpin Divisi Treasury Dana dan Jasa, Erwin Konadi," ujar Reza selaku Cotary Humas Bank Aceh Syariah.

Sementara dari pihak Kementrian Koperasi dihadiri oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Eddy Satriya, dan Asisten Deputi Irene Swa Suryani.

Bank Aceh Syariah merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) pertama di Indonesia yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM).

Untuk tahap awal BPUM yang disalurkan sebanyak 5.832 dari 32.000 pelaku usaha penerima bantuan, yang terdaftar di Dinas Koperasi. Setiap pelaku usaha akan menerima BPUM sebesar Rp1,2 juta, khusus untuk membantu mendongkrak usaha mikro di seluruh Aceh yang terdampak dari kondisi pandemi Covid-19.

"Diharapkan, penyaluran BPUM tersebut dapat kembali menghidupkan perekonomian masyarakat yang sempat terhambat akibat Covid-19," kata Reza.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...