Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Banda Aceh dan Aceh Barat Raih Anugerah Profesor A. Madjid Ibrahim

Sekda Aceh,Taqwallah, didampingi Kepala Bappeda Aceh, T.Ahmad Dadek, menyerahkan Piagam Penghargaan Anugerah Profesor A. Madjid Ibrahim kepada Kabupaten/Kota yang melakukan perencanaan terbaik sebelum Musrenbang RKPA 2022 di Banda Aceh, Senin (5/4/2021).
A A A

BANDA ACEH – Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Barat menyabet Anugerah Profesor A Majid Ibrahim (AMI) tahun 2021. Bagi Banda Aceh, sukses itu diraih secara beruntun sebanyak tiga kali sejak tahun 2019. Sementara Aceh Barat ini adalah peningkatan prestasi, karena tahun lalu menjadi yang terbaik ke-2 di bawah Pidie Jaya.

Seperti tahun sebelumnya,sebelum pelaksanaan Musrembang, terlebih dahulu panitia mengumumkan daerah yang dianggap melakukan perencanaan pembangunan daerah terbaik sehingga layak diberikan Anugerah Profesor A. Madjid Ibrahim. Keputusannya adalah, Kabupaten terbaik diraih Aceh Barat dan Kotamadya terbaik dipertahankan oleh Kota Banda Aceh.

Anugerah tersebut diserahkan langsung Sekda Aceh, Taqwallah atas nama Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah atas nama Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Aceh (RKPA) Tahun 2022, di Banda Aceh, Senin (5/04/2021).

RKPA merupakan dokumen perencanaan Pemerintah Aceh untuk tahun 2022, dengan mengacu pada Dokumen RPJM Aceh Tahun 2017-2022, serta memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional. Di mana, 2022 menjadi tahun terakhir dalam pencapaian target RPJM Aceh.

RKPA Tahun 2022 mengangkat tema Membangun Masyarakat yang Berkualitas dan Berdaya Saing Untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi yang Inklusif.

Aceh Barat menjadi terbaik bersama Aceh Jaya dan Gayo Lues sebagai terbaik 2 dan 3. Sementara itu harapan 1 diraih Pidie Jaya, harapan 2 Aceh Selatan dan harapan 3 Aceh Tengah. Sementara untuk kategori kota tetap diraih Kota Banda Aceh serta diikuti oleh Kota Sabang dan Kota Langsa.

Kepala Bappeda Aceh, T. Ahmad Dadek menyampaikan selamat kepada Kabupaten Aceh Barat yang menjadi salah satu kabupaten di Indonesia, pembangunannya diapresiasi pemerintah pusat. Pembangunan yang diarahkan pada program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat menjadikan Aceh Barat menjadi salah satu kabupaten yang diajukan untuk meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

“Selamat kepada Aceh Barat, karena sudah diusulkan masuk 10 besar secara nasional,” kata Dadek.

Aceh Barat masuk sebagai nominasi Tahap Ketiga pada Anugerah Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Bappenas.[]

Sumber:rilis
Rubrik:ACEH HEBAT

Komentar

Loading...