Aktivis Perempuan, Yulindawati kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 9 Februari 2023 episode ke 50 Tahun ke 3 dengan tema: Pedagang Kaki Lima Tertindas, Benarkah LKMS Mahirah Muamalah Melakukan Praktek Lintah Darat di Nanggroe Syariah? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Badan Usaha Milik Gampong Tibang Tanam Bawang Merah

SulaimanGampong Tibang melaksanakan tanam perdana bawang merah dengan memanfaatkan lahan seluas 5000 meter per segi yang berlansung di Gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Minggu, 23 Oktober 2022.
A A A

ACEHIMAGE.COM - Gampong Tibang melaksanakan tanam perdana bawang merah dengan memanfaatkan lahan seluas 5000 meter per segi yang berlansung di Gampong Tibang Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Minggu, 23 Oktober 2022.

BUMG milik Gampong Tibang ini melalui Unit Usaha Pertanian Hortikultura Sayur Ubi mencoba menawarkan alternatif usaha peningkatan ekonomi masyarakat dengan penanaman perdana bawang merah.

Gampong Tibang yang terletak di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh tambak tradisional. Tidak heran bila mata pencaharian penduduknya bersentuhan langsung dengan dunia perikanan.

Pasca tsunami sebagian besar tambak mereka di Gampong Tibang sekarang ini dimiliki oleh orang luar, bukan warga setempat. Kondisi ini berdampak kepada pilihan pekerjaan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Mereka hanya bisa menjadi penjaga tambak atau pun mencari apapun di sungai yang bisa dijual ke konsumen seperti kepiting, udang, ikan dan tiram.

Dari fakta inilah BUMG Makmue Tibang yang saat ini dipimpin oleh salah seorang anak muda energik, Khairullah Ismail, mencoba menawarkan pilihan baru yang diharapkan dapat menggugah warga gampong untuk mau menanam apa saja dilahan yang mereka miliki, meskipun kecil.

"Kita hanya memberi contoh dan berharap ke depan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, setidaknya kebutuhan dapur dengan mau menanam sayur, cabai, tomat, dan lain sebagainya di pekarangan rumahnya masing-masing," papar sang direktur sesaat sebelum acara dimulai.

Kepala dinas Pangan, pertanian, kelautan dan peternakan Banda Aceh yang diwakili kabid pertanian dan pangan Babang Anwar, saat dijumpai wartawan mengatakan program ketahanan pangan ini adalah program wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap Gampong yang di wilayah kota Banda Aceh, berdasarkan amanah presiden no 104 tahun 2021 yang salah satu buyinya adalah 20 persen menimal dari dana Desa diperuntukan untuk program ketahanan pangan.

Ketahanan pangan ini kita sesuaikan dengan wilayahnya masing-masing di Gampong Tibang cocok penanaman bawang, Aleu Naga peternakan sedangkan Gampong Blang Oi cocok dengan penanaman cabai.

Kami mengharapkan program terus berkelanjutan dan dapat memberi motivasi kepada masyarakat Gampong Tibang.

Keuchik Gampong Tibang, Baharuddin Hanafiah mengukapkan semoga program ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendorong perbaikan ekonomi masyarakat Gampong Tibang.

Pemerintah Gampong Tibang juga akan terus mendorong dan memotivasi kawula muda untuk lebih jeli melihat potensi gampong yang bisa menjadi peluang bisnis.

"BUMG kalau dikelola dengan baik akan menjadi mesin penggerak ekonomi gampong. Namun kita tidak hanya melihat BUMG sebagai jalur penambah Pendapatan Asli Gampong, ada hal yang lebih penting yaitu membuka lapangan kerja untuk warga terutama para muda-mudi" yang di Gampong tibang, tambah pak Keuchik.

 

Puncak acara ketika secara bersama-sama para undangan dan panitia memasuki areal lahan penanaman. Imum Gampong menjadi orang pertama yang melakukan penanaman, diikuti serentak oleh perwakilan Dinas Pertanian, Camat, Keuchik, penyuluh, dan sejumlah tokoh undangan lainnya.

Acara yang dihelat secara sederhana ini ternyata mendapat respon positif dari sejumlah aparatur gampong dan masyarakat. Termasuk ketua Tuha Peut Gampong Tibang, Mukminin ST.

"Mencoba hal baru pasti selalu mendapat sorotan dari berbagai kalangan, tapi terus terang saya sangat bersemangat dan optimis setelah melihat kerja keras anak-anak muda yang terlibat dalam kegiatan ini.

Semoga tantangan yang ada menjadi bahan bakar bagi motivasi mereka," ucap beliau yang juga menjadi Pengawas BUMG Makmue Tibang.

Sekretaris Gampong, Anwar berharap agar BUMG terutama di unit pertanian ini agar tanggap pasar, maksudnya pilihlah jenis tanaman yang paling bernilai ekonomis apalagi dengan letak Gampong.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...