Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin, S.Sos, MSP, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 30 September 2021 episode 12 Tahun ke II dengan tema: Pantaskah Alhudri Ultimatum Kepala Sekolah? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Plt Gubernur:

ATR/BPN Gagas Program Transformasi Digital

ISTIMEWAPlt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT
A A A

BANDA ACEH - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan secara cepat dan transparan, Kementerian ATR/BPN menggagas Program transformasi digital. Dimana layanan pertanahan dapat diakses oleh masyarakat secara elektronik.

"Layanan pertanahan saat ini dapat diakses oleh masyarakat secara elektronik dari mana saja dan kapan saja sehingga menjadi efektif, efisien dan transparan," kata Nova Iriansyah.

Hai itu ditegakan Nova pada saat memimpin upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional di Kantor Badan Pertanahan Nasional Provinsi Aceh, Selasa (24/09/2019).

Peringatan Hari Agraria Nasional, tahun 2019 bertema “ATR/BPN Menuju Penataan Ruang dan Pelayanan Pertanahan yang Berkepastian Hukum dan Modem".

Menurut Nova tema tersebut diharapkan dapat menjadi pengingat dan penyemangat seluruh masyarakat dalam peningkatan kualitas pelayanan pertanahan dan tata ruang secara modem serta menjamin kepastian hukum.

Arahan yang disampsikan Nova merupakansambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Kementerian ATR/BPN), Sofyan A Djalil.

Dalam arahannya Nova mengatakan, saat ini empat layanan elektronik yaitu Hak Tanggungan, Layanan Informasi, Zona Nilai Tanah,  dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah serta Informasi Bidang Tanah sudah mulai bisa diakses.

"Layanan elektronik akan terus ditambah sehingga motto Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional kini lebih baik akan benar-benar terwujud," ungkapnya.

Pemerintah, kata Nova, optimis bahwa di tahun 2025 Kementerian ATR/BPN menjadi institusi pelayanan berstandar dunia akan terwujud dengan target seluruh bidang tanah terdaftar dan digitalisasi seluruh arsip dan warkah selesai.

Apalagi pada saat ini pihak Kementerian ATR/BPN sedang menyusun RUU (Rancangan Undang-Undang) Pertanahan yang diharapkan dapat menyempunakan aturan pertanahan yang sudah ada sebelumnya dan memberikan kepastian hukum.

Sehingga undang - undang baru nanti dapat menjadi payung hukum bagi perbaikan layanan pertanahan yang maju dan modern.

"Nah, dengan itu Kementerian Agraria dan TRB akan menjadi pelopor perubahan," katanya.

Atas nama Menteri Agraria dan Tata Ruang, Nova Iriansyah menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Bupati dan wali kota se Aceh yang telah bekerja sama dalam menyukseskan Program Strategis Kementerian Agraria dan TRB Nasional, serta kepada pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya program dan kegiatan Kementerian dan BPN dan TRB.

"Semoga Allah meridhai kita semua dalam menjalankan amanah guna mewujudkan sumber daya agraria, dan TRB," imbuhnya.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...