Zikrayanti, MLIS, PhD (Cand) menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 23 September 2021 episode 10 Tahun ke II dengan tema: Terkait Vaksin Siswa, Wali Murid Minta Gubernur Pecat Kadisdik Aceh, yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

As dan Inggris Tuding Iran Dalang dibalik Penyerangan Kapal Tanker Israel

Ilustrasi - kapal tanker Israel
A A A

WASHINGTON - Amerika Serikat dan Inggris mengatakan bahwa mereka yakin Iran adalah pihak yang telah melakukan serangan terhadap sebuah kapal tanker produk minyak yang dikelola Israel di lepas pantai Oman pada hari Kamis (29/7).

Pernyataan senada ini dikeluarkan oleh menteri luar negeri kedua negara akhir pekan lalu. Baik AS maupun Inggris kini sedang melakukan upaya konsolidasi untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Setelah meninjau informasi yang tersedia, kami yakin bahwa Iran melakukan serangan ini, yang menewaskan dua orang tak bersalah, menggunakan drone peledak satu arah," ungkap Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Dilansir dari Reuters, Blinken menegaskan bahwa tidak ada pembenaran untuk serangan itu.

Sejalan dengan itu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan pada hari Sabtu (31/7), Inggris telah menyimpulkan bahwa Iran telah menggunakan satu atau lebih drone untuk melakukan serangan.

"Kami yakin serangan ini disengaja, ditargetkan, dan jelas merupakan pelanggaran hukum internasional oleh Iran. Inggris bekerja sama dengan mitra internasional untuk tanggapan bersama," ungkap Blinken.

Israel dan Iran saling serang

Insiden pekan lalu melibatkan Mercer Street, kapal milik Jepang berbendera Liberia yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel.

Angkatan Laut AS, yang mengawal kapal tanker dengan kapal induk USS Ronald Reagan, mengatakan pada hari Sabtu bahwa indikasi awal menunjukkan serangan pesawat tak berawak.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett menuduh Teheran telah mencoba mengelak dari tanggung jawab atas serangan itu, dan menyebut penyangkalannya sebagai tindakan pengecut.

"Saya menyatakan dengan tegas: Iran adalah orang yang melakukan serangan terhadap kapal itu. Kami, bagaimanapun, memiliki cara kami sendiri untuk menyampaikan pesan ke Iran," kata Bennett selama pertemuan mingguan kabinetnya pada hari Minggu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan pada hari Minggu bahwa rezim Zionis Israel telah menciptakan ketidakamanan, teror dan kekerasan.

Khatibzadeh dengan tegas menepis tuduhan tentang keterlibatan Iran dalam insiden kapal tanker pekan lalu.

Zodiac Maritime menggambarkan insiden itu sebagai upaya pembajakan. Pusat Keamanan Maritim Oman mengatakan itu adalah kecelakaan yang terjadi di luar perairan teritorial Oman.

Iran dan Israel telah bertukar tuduhan melakukan serangan terhadap kapal masing-masing dalam beberapa bulan terakhir. Melihat banyaknya negara yang terlibat, masalah baru ini jelas bisa membuat kawasan teluk Arab semakin panas.[]

Rubrik:DUNIA

Komentar

Loading...