Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mari jadikan momentum ini sebagai bentuk memperbaiki diri serta mengikuti jejak baginda Rasul untuk kebaikan dunia dan akhirat, Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.

Hendra Budian

Apresiasi Keberhasilan Pemerintah Aceh Kelola Blok B

AK JAILANIHendra Budian, SH | Wakil Ketua DPR Aceh
A A A

Untuk itu harus ada roadmap dan rencana kerja yang terukur agar harapan rakyat bisa dipenuhi

HENDRA BUDIAN, SH Wakil Ketua DPR Aceh

BANDA ACEH - Wakil Ketua DPR Aceh Hendra Budian mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Aceh dalam mengelola sendiri Blok North Sumatera B (NSB) atau sering disebut Blok B di Aceh Utara.

"Secara kelembagaan saya mengucapkan selamat kepada Tim Komunikasi yang dibentuk oleh Pemerintah Aceh yang sangat serius mengupayakan peralihan ini selama 2 tahun terakhir," kata Hendra Budian melalui keterangan tertulis yang diterima acehimage.com, Jumat (19/6/2020.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan, dari tahun 1975 penguasaan atas sumber daya migas yang ada di Blok B telah diupayakan dengan penuh perjuangan dan pengorbanan.

"Hal ini memang menjadi kabar gembira, tapi berikutnya ada kerja besar yang harus disiapkan oleh Pemerintah Aceh terutama PT PEMA atau anak perusahaan yang mengelola Blok B yaitu PT PEMA Global Energy agar pengambilalihan Blok B dapat berdaya guna," tambahnya.

Atas dasar itu, Hendra mengatakan DPRA dalam fungsinya akan ikut mengawasi dan memberi masukan, dimana dalam dua minggu ke depan PEMA harus bisa memenuhi semua persyaratan, diantaranya mempersiapkan manajemen dan keuangan (biaya operasional).

Plt Ketua DPD II Partai Golkar Bener Meriah itu mengharapkan kepada semua pihak terkait harus bahu-membahu dalam memenuhi persyaratan Kementrian ESDM, agar bisa membuktikan bahwa Pemerintah Aceh sangat siap dalam mengelola Blok B.

Sebab rakyat Aceh sangat berharap agar pengelolaan Blok B dibawah kendali Pemerintah Aceh haruslah menjadi solusi pengentasan kemiskinan dan membuka lapangan kerja yang luas bagi rakyat Aceh.

"Untuk itu harus ada roadmap dan rencana kerja yang terukur agar harapan rakyat bisa dipenuhi. Kepada semua pihak saya mengharapkan; keberhasilan monumental ini janganlah ditanggapi pesimis, tapi harus melahirkan sikap optimis. Pengelolaan Blok B akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi kesejahteraan bagi rakyat Aceh," tegas pimpinan DPR Aceh.

Seperti diberita sebelumnya, Setelah melewati penantian panjang selama 44 tahun sejak 1976, Aceh akhirnya memiliki wewenang untuk mengambil alih pengelolaan minyak dan gas bumi Blok B di Aceh Utara.

Selama beberapa dekade terakhir, minyak dan gas bumi Blok B dikelola oleh Mobil Oil (belakangan menjadi ExxonMobil) sebelum kemudian pengelolaan dialihkan ke PT Pertamina Hulu Energi (PHE).

Namun kini pemerintah pusat telah merestui bahwa minyak dan gas bumi di lokasi itu dikelola oleh PT. Pembangunan Aceh (PEMA) yang merupakan Badan Usaha Milik Aceh.

Hal itu berdasarkan surat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, bertanggal 17 Juni 2020, yang dikirimkan kepada Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA).

Dalam surat bernomor 187/13/MEM.M/2020 itu, PT PEMA diminta untuk mengajukan permohonan pengelolaan migas Blok B Aceh Utara kepada BPMA.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...