Aparatur Gampong Dilatih Pengelolaan Aset

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin
A A A

BANDA ACEH- Sebanyak 90 peserta terdiri dari Kaur Umum dan Perencanaan Gampong mengikuti pelatihan pengelolaan aset gampong (Desa).

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) ini dibuka Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin, Selasa (25/2/2020) di Aula Lantai II Gedung C Kompleks Balai Kota Banda Aceh.

Saat membuka kegiatan ini, Wakil Wali Kota menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan pengetahuan aparatur gampong (Desa) dalam mengelola aset gampong sesuai dengan aturan yang berlaku, yakni mengacu pada Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Permendagri Nomor 1 tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa hingga Perwal Nomor 22 tahun 2019 tentang pengelolaan aset gampong.

Kata sosok yang lebih dikenal dengan Chek Zainal ini, pengelolaan aset yang tepat akan mampu meningkatkan kesejahteraan gampong.

“Selama ini mungkin kita lebih ke mengumpulkan aset, padahal yang jauh lebih penting adalah bagaimana memanfaatkan aset itu dengan baik,” ujar Chek Zainal yang juga pernah menjabat sebagai keuchik.

Lanjutnya, memberdayakan aset dengan maksimal adalah hal penting yang mesti dipikirkan pemerintahan gampong.

“Karena pendapat asli gampong akan meningkat jika pengelolaan asetnya baik dan tepat. Dengan peningkatan itu, bisa mensejahterakan warga juga,” kata Chek Zainal.

Kepada pada peserta, Chek Zainal meminta pemanfaatan aset dapat dilakukan dengan analisis lebih mendalam sehingga dalam prakteknya benar-benar produktif.

“Saya yakin dengan pengelolaan yang tepat, kesejahteraan akan meningkat,” tambahnya.

Sementara itu, panitia pelaksana yang juga Sekretaris DPMG Kota Banda Aceh, Safwan dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dimaksudkan aparatur gampong mampu menertibkan administrasi pengelolaan aset/kekayaan gampong sesuai Permendagri dan Perwal.

“Tujuannya, dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur gampong dalam melakukan pengelolaan aset secara baik dan benar,” ujarnya.

Kegiatan ini digelar selama dua hari, yakni 25 s/d 26 Februari.

Sebagai narasumber, panitia menghadirkan Kepala DPMG Kota Banda Aceh, Dwi Putrasyah dan pejabat dari BPKK yang akan memberikan materi kepada peserta.

Seremonial pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh para Camat dan Kepala SKPK terkait.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...