Mantan Anggota Tim Perunding Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Munawar Liza Zainal menjadi narasumber peHTem edisi Senin 22 Agustus 2022 episode ke 105 Tahun ke II dengan tema: Benarkah Tim Perunding GAM Merebut Kekuasaan di Aceh? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Apa Sanksi Baperjakat Dibatalkan SK Pelantikan? Ini Kata Pj Wali Kota Lhokseumawe

Dr Imran Pj Wali Kota Lhokseumawe
A A A

LHOKSEUMAWE - Pembatalan Surat Keputusan (SK) pelantikan pejabat eselon II yang dilantik, Jumat, 8 Juli 2022, pada malam meugang hari raya Iduladha yang dilakukan Asisten III Sekretaris Kota Lhokseumawe, Said Alam Zulfikar dimasa jabatan terakhir Suadi yahya telah dibatalkan oleh Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Imran.

Karena Para pejabat eselon II yang dilantik pada malam meugang tersebut tidak ada izin dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), sehingga para pejabat tersebut dibatalkan SK pelantikannya, lalu dikeluarkan SK baru oleh Pj Wali Kota untuk menempati kembali posisi jabatan semula bagi para eselon II.

Ironinya, kebijakan Pj Wali Kota Lhokseumawe atas penempatan kembali para pejabat eselon II tersebut tidak melalui proses pelantikan dan sumpah jabatan sebagaimana mestinya aturan berlaku. Kendatipun pembatalan SK pelantikan pada malam meugang itu dilakukan dengan alasan menyalahi aturan.

Pelantikan pada malam itu telah dilakukan seleksi, tentunya persetujuan Baperjakat, bila pelantikan itu dianggap melangar aturan, Baperjakat ikut harus menerima saksi dari Pj wali kota Lhokseumawe.

Pj Wali kota membatalkan SK pelantikan pada malam meugang hanya untuk pejabat Eselon II, sedangkan eselon III dan IV  tidak dibatalkan, karena dianggap tidak menyalahi aturan KASN.

Pj Wali Kota Lhokseumawe Imran saat ditanyakan, apakah Baperjakat ada sanksi karena pelantikam malam meugang menyalahi aturan? Imran meminta kepada wartawan untuk menanyakan perihal tersebut kepada Sekda selaku Sekretaris Baperjakat.

Ditanyakan Soal Sanksi terhadap Baperjakat dari pj wali kota?, Dirinya mengaku tidak tau secara jelas tentang keterlibatan Baperjakat, karena saat ia menjabat sebagai walikota sudah terjadi pelantikan.

"Maaf saya tidak tahu persis keterlibatan baperjakat, saya masuk sudah terjadi pelantikan, yang jelas yang melantik waktu itu asisten lll atas perintah Pak Walikota Defintif,"balas Imran Pj Wali Kota. Kamis 21 Juli 2022.

Dapat diketahui, Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, kembali memutasi para pejabat eselon II dan III, beberapa hari menjelang berakhir masa jabatannya. Pelantikan para pejabat itu dilakukan Asisten III Sekretaris Kota Lhokseumawe, Said Alam Zulfikar, atas nama Wali Kota, di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lhokseumawe, Jumat, 8 Juli 2022, malam.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik Wali Kota Suaidi Yahya melalui Asisten III Said Alam Zulfikar:

Pejabat Eselon 2 (II): Muslim dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (sebelumnya menjabat Kepala Dinas Sosial/Dinsos); Safaruddin sebagai Kepala Bappeda (sebelumnya Kepala Dinas PUPR); Ramli menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (sebelumnya Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata/Porapar), Bukhari sebagai Kepala Dinas Pertanahan (sebelumnya Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan), dan Ibrahim menjadi Kepala Dinsos (sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan/PK).

Berikutnya, Zulkifli, S.Ag., sebagai Kepala Dinas PK (sebelumnya Kepala Satuan Polisi Pamong Praja/Satpol PP), Syafwal menjadi Kepala Dinas Kesehatan (sebelumnya Plt. Kadis Kesehatan), Salahuddin sebagai Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan/DKPPP (sebelumnya Kepala Bappeda), Dr. M. Irsyadi sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan (sebelumnya Kadis Perpustakaan dan Kearsispan), Syoeib menjadi Kepala Dinas Porapar (sebelumnya Kepala DLH).

Sedangkan pejabat eselon II lainnya yang dimutasi, Ridwan Jalil menjadi Staf Ahli bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan (sebelumnya Kadis Pertanahan). Sedangkan A. Haris menjadi pelaksana pada Bagian Organisasi alias “nonjob” (sebelumnya Staf Ahli bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan).

Adapun pejabat Eselon 3a yang dilantik yaitu Tuti Sekretaris Bappeda, Syahril Sekretaris Kominfo, Said Bakhtiar Sekretaris PUPR, Lasmita Sekretaris Dinas Pertanahan, Heri Maulana Sekretaris Satpol PP, Rudi Hidayat Camat Muara Dua, Yuswardi Camat Banda Sakti, Danil Kabag Unit Layanan Pengadaan (ULP), Tri Hariadi Sekretaris BPBD, Reza Mahnur Sekretaris DLH, dan T. Mulyadi Sekretaris Dinas Perhubungan.

Eselon 3b: Puspawati Kabid di Dinkes, Khennita Kabid Sosbud Bappeda, Nunung Kabid P2EK Bappeda, Linda Kabid DLH, Yulizar Kabid DLH, dan Rosni Kabid Dinas PK.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...