Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Bener Meriah

Warga perbaiki atap rumah
A A A

BENER MERIAH – Tiga unit rumah rusak akibat angin kencang yang melanda Kampung Panji Mulia 1, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Jumat, 2 April 2021 sekira pukul 03.00 WIB.

Ketiga unit rumah yang rusak di bagian atap tersebut masing-masing milik Ruslan (51), Rahinal Sagita (48), dan Sadiem (70). Selain itu, angin kencang yang melanda kawasan tersebut juga berimbas pada rumah Marjuni (54) yang juga warga Kampung Panji Mulia 1.

Rumah Ruslan mengalami kerusakan parah akibat cuaca ekstrem dinihari tadi. Sebanyak 60 lembar seng rumah miliknya copot.

Kapolsek Bukit, Iptu Karyanto P membenarkan peristiwa tersebut. Dia menyebutkan terdapat empat unit rumah warga Kampung Panji Mulia 1 yang mengalami kerusakan.

“Akibat peristiwa itu kerugian material yang dialami masyarakat ditafsir mencapai Rp20 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa," kata Iptu Karyanto.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah langsung menyalurkan bantuan logistik untuk meringankan beban para korban terdampak angin kencang Jumat dinihari tadi.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris BPBD Bener Meriah, Riska Kadisa. Ikut mendampingi Camat Bukit, Ismail, dan Kabid Kedaruratan Anwar Sahidi.

“Logistik yang kita serahkan berupa matrial bangunan seperti seng, kayu,dan paku," kata Anwar Sahdi.

BPBD Bener Meriah juga juga menyerahkan bantuan kebutuhan dasar seperti beras, telur, minyak goreng, kain sarung, dan bahan pokok lainnya.

Anwar melalui media ini turut menghimbau warga agar selalu waspada terhadap potensi bencana alam. "Beberapa hari ini cuaca sangat ekstrim di Kabupaten Bener Meriah," ujarnya.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...