Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

Aminullah Deklarasikan Lambung “Gampong Ceudah”

HUMAS PEMKO BANDA ACEHWali Kota Banda Aceh Aminullah Usman
A A A

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mencanangkan Lambung sebagai Gampong Sehat Gemilang (GSG). Pada Lomba GSG 2020, Lambung berhasil meraih peringkat dua terbaik alias kategori “Ceudah”.

Prosesi acara diawali dengan pembacaan deklarasi GSG oleh keuchik, aparatur gampong, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan setempat. Kemudian penekenan dokumen deklarasi oleh para pejabat terkait dan diketahui oleh wali kota.

Pada acara yang digelar di Gedung Escape Building Lambung tersebut, Aminullah turut menyerahkan hadiah berupa satu unit komputer dan satu unit printer kepada perangkat gampong setempat, Jumat 20 November 2020.

Dalam sambutannya, wali kota menyampaikan selamat dan apresiasi kepada seluruh warga Lambung atas pendeklarasian sebagai GSG dengan kategori “Ceudah”. “Sesuai dengan namanya, ‘ceudah’ itu bermakna cantik atau sesuatu yang menakjubkan. Dan itu memang identik dengan Gampong Lambung selama ini,” katanya.

Dengan penobatan Lambung sebagai juara dua GSG 2020, ujar wali kota, berarti seluruh warga telah berperan aktif mewujudkan indikator-indakator penilaian gampong sehat. “Indikatornya antara lain ketersediaan pelayanan kesehatan, tenaga medis, san fasilitas pendukung gampong sehat, serta komitmen dari perangkat gampong dan warganya.”

Wali kota juga mengucapkan selamat atas predikat utama nasional yang diraih Lambung pada Program Penanggulangan Dampak Perubahan Iklim (Proklim) 2020. “Penghargaan itu semakin meneguhkan prestasi Banda Aceh sebagai Kota Sehat Swasti Saba kategori Padapa tahun lalu. Semoga semua pencapaian ini mampu kita pertahankan dan tingkatkan pada masa mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Lambung, Yasir, mengucapkan terima kasih kepada wali kota dan seluruh warganya yang telah menyukseskan program GSG. “Kami sangat merasakan manfaat dari kolaborasi semua pihak terkait selama ini, sehingga gampong kita berhasil meraih predikat GSG kategori Ceudah.”

Ia menuturkan, sejatinya semangat warga Lambung bukan hanya untuk menang tapi lebih dari itu: semangat untuk bangkit dan meningkatkan derajat kesehatan diri dan keluarga dengan menerapkan pola hidup sehat. “Harapan kami mewujudkan genarasi Lambung yang lebih sehat dan produktif yang selalu siap mengisi pembangunan kota,” katanya.

Rubrik:BANDA ACEH

Komentar

Loading...