Aktivis Perempuan, Yulindawati kembali menjadi narasumber peHTem edisi Kamis, 9 Februari 2023 episode ke 50 Tahun ke 3 dengan tema: Pedagang Kaki Lima Tertindas, Benarkah LKMS Mahirah Muamalah Melakukan Praktek Lintah Darat di Nanggroe Syariah? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Akibat  Longsor, Masyarakat Wer Tingkem Terpaksa Menunda Acara Antar Emas

IstMateril longsor menutupi badan jalan di kawasan jalan Wer Tingkem menuju Tembolon
A A A

ACEHIMAGE.COM – Akibat material longsor menutupi jalan, Masyarakat Wer Tingkem, Kecamatan Mesidah, Kabupaten Bener Meriah terpaksa menunda acara mengantar emas (mengantar seserahan lamaran-red gayo) dari keluarga calon mempelai laki-laki ke keluarga mempelai perempuan di Kampung Tembolon, Kecamatan Syiah Utama.

“Tadi sekitar pukul 11.00 WIB, kami keluarga calon mempelai laki-laki mengantar emas ke keluarga calon mempelai perempuan di Kampung Tembolon. Namun, karena jalan menuju ke Kampung tersebut tidak dapat dilalui kendaraan baik sepeda motor maupun mobil akibat material longsor menutupi jalan,”kata Abdul Mukti, Mukim Bener Selan saat dikonfirmasi, Sabtu 21 Januari 2023.

Akibat jalan tersebut tidak dapat dilalui, rombongan mengantar emas dari Kampung Wer Tingkem terpaksa pulang dan menunda acara antar emas itu. “Karena jalan tidak dapat dilalui maka kami musyawarah dengan pihak calon mempelai untuk menunda acara antar emas sampai jalan tersebut dapat dilalui,”jelasnya.

Dia menjelaskan, hujan mengguyur daerah tersebut sejak semalam sehingga debit air meningkat mengakibatkan tebing di sisi jalan di kawasan itu longsor dan material batuan dan tanah menutupi jalan tersebut.

Kita telah sampaikan hal ini kepada Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Bener Meriah, semoga mereka cepat merespon dengan memperbaiki jalan tersebut, sebab jalan tersebut merupakan jalan utama dari Kampung Tembolon menuju Kampung Wer Tingkem.

Semenatar itu, Kalak BPBD Bener Meriah, Safraiandi saat dihubungi via seluler membenarkan pihaknya telah mendapatkan informasi terkait musibah jalan longsor di daerah Tembolon menuju Wer Tingkem.

Saat ini beberapa anggota BPBD sudah dilokasi untuk mengecek titik longsor, sebab di kawasan tersebut kita mendapat info ada dua titik longsor.

"Ini saya juga mau menuju TKP yakni titik longsor dari arah Tembolon menuju Wer Tingkem dan daerah Atu Kul jalan Pondok Baru Samar Kilang,"ungkap Safriadi.

Safriadi menerangkan, untuk kawasan Atu Kul kita sudah berkoordinasi dengan pihak pembangunan proyek Multiyears, mereka akan segera turun memperbaiki daerah tersebut.

"Sedangkan untuk titik jalan tembolon menuju Wer Tingkem insyaallah besok akan kita perbaiki. sebab, hari kami masih melakukan peninjauan," turunnya.

Memang jalan tersebut merupakan jalan utama, namun ada beberapa jalan alternatif menuju kampung tersebut. Bahkan, titik yang dilaporkan itu sudah beberapa kali kita perbaiki akibat longsor. Pungkasnya. []

Komentar

Loading...