Ketua Lembaga Pemantau Pendidikan Aceh (LP2A), Dr. Samsuardi, MA, menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 Oktober 2022 episode ke 13 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah di Bawah Tangan Alhudri Pendidikan Aceh Terpuruk? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata

Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

FOTO | ARMIYA.
A A A

ABDYA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) asal Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, melakukan pengabdiannya di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Acara yang di berinama 'Clean Up To Beach' itu di laksanakan di pantai Desa Ujong Tanoh, Kecamatan setempat. Minggu, (28/7).

Kegiatan tersebut turut dihadiri pihak Muspika Setia, Sejumlah personil TNI Kompi Senapan E, serta Perangkat Desa dan puluhan masyarakat.

Sebelum melakukan pembersihan pantai, pihaknya membagikan kupon undian berhadiah kepada peserta kegiatan. Pemenangnya akan dipilih secara acak dan akan mendapatkan hadiah seperti alat-alat dapur serta dua buah voucher penginapan di salah satu hotel di Abdya.

Salah satu mahasiswa KKN, Teguh S Prakarsa mengatakan kegiatan pembersihan pantai ini bertujuan untuk membangkitkan kembali minat masyarakat dalam bergotong royong.

Ia berharap semoga acara yang dilaksanakan tersebut bisa menjadi rekomendasi masyarakat untuk ikut serta sama-sama menjaga keindahan pantai.

"Semoga kegiatan ini minjadi cikal bakal awalnya bangkit kembali semangat gotong royong, bahwa kebersihan lingkungan itu sangat penting baik itu untuk kesehatan maupun menjaga kelestarian satwa yang ada di laut," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ujung Tanah, Darwis, mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh akademika asal UTU. Menurutnya, ini merupakan pergerakan pencerdasan kedepan terutama tentang kebersihan lingkungan apalagi pantai.

"Ini adalah kewajiban kita, kebutuhan kita untuk menjaga pantai. Alhamdulillah ini adalah motivasi yang sangat bagus," kata Darwis.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu langkah kecil untuk penghasilan yang besar kedepan dalam menghujudkan satu kesadaran kebersihan terutama di tepi pantai, agar pantai menjadi milik kita sehingga kenyamanan lingkungan akan tercipta untuk keperluan kehidupan bersama.

"Bravo untuk adek-adek mahasiswa. Insya Allah program ini akan berlanjut. saya selaku kepala desa akan melanjutkan bahakan bila perlu kita akan lakukan penghijauan sehingga reboisasi pantai ini bisa kita pergunakan paling tidak untuk wisata lokal," tuturnya.

Wartawan:Armiya
Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...