Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, menjadi narasumber peHTem edisi Senin 20 September 2021 episode 9 Tahun ke II dengan tema: Aset Ratusan Milyar Terbengkalai di Pulo Aceh, Manajemen BPKS Kerja Apa? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Ada Beberapa Serangan Paling Ditakuti Perusahaan Raksasa Indonesia

4 Serangan Siber yang Ditakuti Perusahaan
A A A

Jakarta- Serangan yang paling ditakuti perusahaan raksasa di Indonesia tentunya tidak jauh berbeda. Kebocoran data termasuk di dalamnya. Apalagi sekarang semua sudah bergerak untuk menuju digital. Perusahaan raksasa seperti Google bahkan dikabarkan memperbolehkan karyawannya WFH walaupun pandemi usai -- meskipun harus potong gaji.

Laksana Budiwiyono Country Manager Trend Micro Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang keamanan siber, membagikan kepada detikINET hal-hal yang menjadi ketakutan dan tantangan terbesar, Kamis (2/9/2021). Berikut ini di antaranya:

1. Ransomware dan Malicious Insider

"Insider ini maksudnya bisa orang dalam atau orang yang sub seolah-olah orang dalam. Dia berhasil membajak sehingga seolah-olah karyawan. Bisa jadi nggak tahu ini karyawan beneran atau bukan nih, ini yang paling mereka takuti," jelas Laksana.

2. Infrastruktur cloud computing

Ini juga termasuk ketidaksesuaian antara kebutuhan perlindungan yang dibutuhkan dibandingkan dengan luasnya hal yang harus diamankan. Ditambah lagi, Indonesia kekurangan pekerja IT yang diperkirakan 2-3 juta sumber daya manusia (SDM).

3. Email bisnis juga data customer

Tipe data ini adalah menjadi tipe yang paling rentan dicuri. Pekerjaan yang dahulunya harus dikerjakan di kantor, kini bergeser menjadi work from home (WFH) membuat pekerja bisa mengakses data dari mana saja sehingga jaringan pekerja tidak bisa terpantau keamanannya. Dengan begitu, data bisa dicuri. Kebocoran data pribadi customer, siapa yang mau mengalaminya?

"Lingkungan tersebar, aset ada di kantor. Infrastruktur yang bisa kontrol pengguna yang sekarang di rumah atau tempat lain jadi nggak bisa kita control. Apalagi penggunaan app yang banyak dilakukan di cloud, hal-hal seperti ini membuat infrastruktur yang harus kita handle jadi tersebar dan meluas," kata Teguh Wilidarma Security Consultant Trend Micro Indonesia

4. Kehilangan kekayaan intelektual

Kehilangan kekayaan intelektual dan gangguan atau kerusakan pada infrastruktur penting termasuk hal yang paling ditakuti oleh perusahaan raksasa. Rahasia yang selama ini direncanakan dengan matang-matang bisa jadi kacau karena pencurian kekayaan intelektual.[]

Sumber:Detik.com
Rubrik:TEKNO

Komentar

Loading...