Seorang warga Cot Gapu Kecamatan Kota Juang, Bireuen yang berdomisili di Lampriet, Kuta Alam Banda Aceh meninggal dunia saat sedang menikmati makan siang di salah satu warung nasi yang berada di kawasan Peunayong, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Senin (25/5/2020).

ACT- Forum PRB Aceh Siapkan Skenario Aksi Penanganan Covid-19

DOK ACT ACEHPengurus organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh dan Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh foto bersama usai menyepakati rencana kerja sama penggalangan dana untuk penanganan imbas covid-19 melalui pertemuan di Kantor ACT di Banda Aceh, Senin (30/3/2020).
A A A

BANDA ACEH - Menyikapi pandemi coronavirus (covid-19) yang sedang mewabah di dunia, termasuk Indonesia, tak terkecuali Aceh, Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh bersama organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menyiapkan skenario kerja sama percepatan penanganan/pencegahan dampak bencana non-alam tersebut.

Ketua ACT Aceh, Husaini Ismail mengatakan, rencana kerja sama itu sudah didiskusikan dengan Pengurus dan Dewan Pakar Forum PRB Aceh. “Prinsipnya kita sepakat bekerjasama untuk mempercepat penanganan covid-19 di Aceh dan memberikan perhatian kepada masyarakat yang terimbas akibat tidak bisa bekerja,” kata Husaini didampingi Ketua Forum PRB Aceh, Nasir Nurdin, di Banda Aceh, Selasa (31/3).

Pada tahap awal ini, ACT dan Forum PRB akan fokus minimal pada tiga kegiatan, yaitu penyemprotan disinfectan ke fasilitas umum, menyediakan makanan bergizi untuk pekerja rumah sakit dan masyarakat yang harus beraktivitas, dan membagikan kebutuhan pokok untuk kalangan masyarakat bawah yang kehilangan sumber mata pencarian.

“Jika memang secara keuangan memungkinkan, kita juga akan membagikan APD dan masker untuk pekerja medis,” ujar Husaini.

Wakil Ketua Forum PRB Aceh, TM Zulfikar menambahkan, berdasarkan diskusi lanjutan di Kantor ACT Aceh di Banda Aceh, disepakati sumber pembiayaan dilakukan dengan penggalangan dana bersama oleh Forum PRB Aceh dan ACT Aceh.

Mengenai rekening donasi, oleh Ketua ACT Aceh disarankan pemanfaatan dua rekening, yaitu Rekening ACT Aceh dan Rekening Forum PRB Aceh yang dibuka khusus untuk program kerja sama pencegahan dan penanganan covid-19 dengan sistem identifikasi layanan virtual account.

“Kita sudah laporkan rencana ini ke Ketua Dewan Pakar Forum PRB Aceh (Pak Taqwaddin) dan beliau sangat mendukung. Beliau juga berperan agar implementasi kerja sama ini harus melibatkan kedua belah pihak secara proporsional dan secara bersama-sama pula melaksanakan fungsi pengawasan,” kata TM Zulfikar didampingi Wakil Sekretaris Forum PRB Aceh, Fachmi Ibrahim.

Hal lain yang disepakati pada diskusi awal adalah pembuatan berbagai media kampanye seperti e-fliyer, poster digital, dan lain-lain yang sinkron dengan berbagai aplikasi yang disiapkan oleh tim IT ACT Aceh. Sedangkan Forum PRB Aceh membuka akses ke media massa yang diharapkan menjadi media partnership untuk mendukung program kemanusiaan ini.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...