Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

Aceh Selatan dapat Award Madjid Ibrahim

Serah award madjid
A A A

ACEH SELATAN - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan berhasil meraih penghargaan terbaik harapan II Anugerah Award Madjid Ibrahim (AMI) VII tahun 2021, Senin, 5 April 2021.

Pengumuman tersebut dibacakan oleh Kepala Bappeda Aceh, T Ahmad Dadek, saat pembukaan Musrenbang RKPA tahun 2022 yang digelar di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa semua proses penyusunan dan perencanaan pembangunan di daerah dilakukan secara sungguh-sungguh, sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ada tiga tahapan penilaian dalam pemberian anugerah tersebut. Tahap pertama adalah verifikasi bahan perencanaan, kemudian presentasi, dan tahpa terakhir verifikasi lapangan.

"Verifikasi dilakukan dengan melibatkan tim independen dan tim akademisi yang langsung turun ke semua kabupaten/kota untuk melihat secara langsung dokumen perencanaan, dan wawancara dengan stakeholder di semua kabupaten/kota," Kata Ahmad Dadek.

Pemberian award tersebut bertujuan untuk mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan, sekaligus menciptakan iklim bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan perencanaan yang lebih baik dan bermutu.

Sekda Taqwallah mewakili Gubernur Aceh menyerahkan langsung anugerah tersebut kepada Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran. Dia juga membuka acara Musrenbang RKPA tahun 2022.

"Madjid Ibrahim merupakan tokoh perencanaan nasional cikal bakal terbentuknya Bappenas. Inisiator sekaligus perintis Program Pelatihan Teknik Manajemen Perencana, serta pelopor berdirinya Aceh Development Board (ADB)," kata Ahmad Dadek.

Sementara itu, Bupati Amran,melalui video conference meminta Dirjen Kementerian Pertanian dan Perkebunan untuk membantu Aceh Selatan di bidang pertanian dan perkebunan. Apalagi sebagian besar daerah Aceh Selatan merupakan lahan pertanian dan perkebunan.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...