Kementerian Keuangan mencatat utang pemerintah bertambah Rp 1.257 triliun selama tahun 2020. Saat ini, total utang pemerintah tembus Rp 6.074,56 triliun. Hal ini tertuang dalam dokumen APBN KiTa yang diterbitkan Kementerian Keuangan. Mengutip data APBN Kita, Senin (18/1/2020), total utang yang mencapai Rp 6.074,56 triliun itu merupakan posisi Desember 2020. Sementara posisi akhir Januari sebesar Rp 4.817,5 triliun. Dengan begitu utang pemerintah bertambah Rp 1.257 triliun di tahun 2020.

Abusyik Pantau Hasil Penyemprotan Pupuk Alam Organik

HUMAS DAN PROTOKOL SETDAKAB PIDIEBupati Pidie Roni Ahmad, SE (Abusyik), memantau tanaman kopi yang sudah dilakukan proses penyemprotan pupuk alam organik di Gampong Leupeu, Kecamatan Geumpang, Pidie
A A A

PIDIE - Bupati Pidie Roni Ahmad SE (Abusyik), memantau tanaman coklat, durian, kopi, dan padi yang sudah dilakukan proses penyemprotan pupuk alam organik di Gampong Leupeu, Kecamatan Geumpang, Pidie, Rabu (10/6/2020).

Bupati Pidie Abusyik, memberikan perhatian serius kepada para petani, termasuk memformulasikan kebijakan pengembangan pertanian organik ke dalam Grand Design Pidie Sehat 2025.

Dengan potensi yang begitu besar, petani di Kabupaten Pidie memiliki kesempatan mengembangkan pertanian organik secara maksimal, bahkan pola pertanian organik di daerah tersebut kini mulai semakin diminati untuk dikembangkan.

Pertanian organik dikenal pula sebagai pertanian yang ramah lingkungan, karena dalam prakteknya petani tidak menggunakan bahan kimia berbahaya yang berpotensi mengurangi kesuburan tanah milik petani.

Sejak 2018 lalu, setidaknya Dinas terkait di Kabupaten Pidie telah melakukan sejumlah edukasi, dan sosialisasi pertanian organik kepada para petani.

Sistem pertanian organik atau kegiatan penyemprotan alami ini, menjadi bagian dari realisasi visi pengembangan pertanian organik di Kabupaten Pidie.

Pertanian organik kini mulai dikenal luas oleh masyarakat Pidie seiring dengan adanya tren hidup sehat.

Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Dinas Pertanian dan Pangan juga terus mempromosikan sistem pertanian organik kepada para petani, sebagai sebuah solusi pertanian berkelanjutan.

Upaya lain yang dilakukan adalah memperkuat sinergitas petugas penyuluh di lapangan, menata kembali saluran irigasi dan membangun jalan produksi.

Rubrik:ACEHPIDIE

Komentar

Loading...