Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin, S.Sos, MSP, menjadi narasumber peHTem edisi Kamis 30 September 2021 episode 12 Tahun ke II dengan tema: Pantaskah Alhudri Ultimatum Kepala Sekolah? yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

78 Peserta Anak Anggota Koperasi GARMINDO Ikuti Pelatihan Dasar Roasting Caffee

istimewaPeserta pelatihan roasting caffee
A A A

BENER MERIAH – Sebanyak 78 peserta dari delapan Desa di Kabupaten Bener Meriah mengikuti pelatiahan dasar Roasting caffee yang diselengarakan oleh Koperasi GARMINDO.

Pelatihan tersebut berlangsung sejak tanggal 24 hingga 26 Agutus 2021,  bertempat di kantor Koperasi GARMINDO yang berada di Kampung Simpang Teritit, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah.

“Pelatihan dasar roasting caffee itu, diselengarakan untuk anak petani anggota Koperasi GARMINDO guna untuk memicu jiwa enterpreneur muda anak-anak dari anggota koperasi tersebut.”kata ketua Koperasi GARMINDO, Shulih MP Selin

Menurut Shulih, pelatihan itu dibagi dalam dua sesi, untuk sesi pertama materi tentang pengolahan kopi dan roasting, sedangkan sesi kedua langsung praktek meroasting kopi oleh seluruh peserta.

“Kegiatan pelatihan tersebut terselengara dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.” Ujar Shulih

Ia menyebutkan, dengan terselengaranya pelatiah tersebut, anak-anak anggota Koperasi GARMINDO dapat memotivasi para pemuda-pemuda di daerah penghasil kopi arabika itu untuk lebih kreatif dalam pengolahan kopi gayo sehingga bisa membuka pasar baru di dalam negeri.

Melalui keterangan tertulisnya ,Senin,30 Agustus 2021  Shulih mengungkapakan, Koperasi GARMINDO telah berdiri sejak tahun 2007 yang merupakan koperasi bergerak dibidang ekspor kopi Gayo ke Amerika, Canada, dan beberapa negara lainnya. Ungkapnya

Sementara itu, salah seorang peserta, Alim, yang merupakan perwakilan dari Kampung Gegerung menyebutkan, pelatihan tersebut sangat bermanfaat, sebab menjadi wadah untuk mengali skill cara meroasting kopi bagi anak muda.

“Sekarang ini meroasting caffee menjadi trend masa kini, pasalnya, penikmat kopi selalu mencari kopi roasting. Selain itu kopi roasting dapat dibuat sesuai selera peminat kopi gayo.”ujar Alim

Untuk itu, Alim berharap kegiatan pelatihan seperti itu bisa terus berlanjut sehingga menciptakan generasi muda yang kreatif dan inovatif dalam mengolah kopi Gayo. Tuturnya []

 

Komentar

Loading...