Ketua Lembaga Pemantau Pendidikan Aceh (LP2A), Dr. Samsuardi, MA, menjadi narasumber peHTem edisi Senin, 3 Oktober 2022 episode ke 13 Tahun ke 3 dengan tema: Benarkah di Bawah Tangan Alhudri Pendidikan Aceh Terpuruk? yang dipandu oleh host Siti Aminah, S.IP, M.MLS, Jangan lupa like share comment and subsribe.

Seleksis Beru Bujang Gayo

Pj Bupati Bener Meriah Berharap Duta Wisata Menjadi “Corong ” Informasi Wisata

SamsuddinPj Bupati Bener Meriah didampingi Kadis Pariwisata dan Kadis Keuangan dan dewan juri poto bersama dengan peserta calon duta wisata Bener Meriah
A A A

ACEHIMAGE.COM – Sebanyak 31 peserta mengikuti lomba pemilihan bujang beru gayo (Duta wisata ) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah.

Perlombaan tersebut akan berlangsung selama 6 hari yang dimulai sejak 22 hingga 27 Agustus 2022. Acara itu di baka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga didamping Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah Irmansyah, Kepala Dinas Keuangan Marwan. Senin, 22 Agustus 2022 di Aula Setdakab setempat.

Lomba bujang beru Gayo tersebut mengambil tema " Culture is the heritage of the ancestor's creativity" atau dalam bahasa Indonesia berarti budaya adalah warisan kreativitas nenek moyang.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Pariwisata menginginkan nantinya duta wisata yang terpilih sebagai pelopor masyarakat sadar wisata.

“Duta wisata itu dipilih bukan hanya berdasarkan ganteng dan cantik semata, tetapi juga dari kecerdasan serta wawasan intelektual dan spiritual anda – anda calon duta wisata," kata Haili Yoga.

Haili Yoga juga berharap, duta wisata mampu sebagai penyampai informasi kepada publik tentang, potensi daerah, potensi destinasi wisata yang mana para duta akan menjadi corong sebagai penyampai informasi kepada publik.

“Atas nama pemerintah daerah kami juga menyadari masih banyak kekurangan – kekurangan, yang harus kami evaluasi untuk dilakukan perbaikan. Namun yang harus anda sampaikan kepada publik bahwa, program pemerintah yang baik itu tidak akan pernah terlaksana dengan baik tanpa partisipasi masyarakat yang baik," ujarnya.

Haili Yoga  juga mengharapkan bujang beru Gayo selaku Duta Wisata harus mampu menembus tingkat nasional, yang dapat mengharumkan nama daerah.

Untuk itu kepada dewan juri sebagai penilai peserta, Haili Yoga meminta harus mengedepankan profesional dalam memberi penilaian, "Jangan ada unsur pilih kasih, sehingga jebolan dari pilihan bujang beru Gayo ini dapat bersaing nantinya di tingkat nasional,"pungkasnya.

Sebelum menutup sambutanya, Haili Yoga dalam kesempatan itu membacakan sebuah pantun yakni, beli batik di pulau jawa, makan durian di rimba raya. Untuk adik-adik calon duta wisata ayo kembalikan kejayaan kita.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah melalui Kabid pengembangan sumber daya pariwisata,Mulyadi  menyampaikan, sebelumnya sebanyak 71 peserta yang mendaftar untuk mengikuti lomba bujang beru gayo, namun yang ikut seleksi (perlombaan) hanya 31 orang.

“Yang mendaftar sebanyak 71 orang namun yang ikut seleksi hanya 31 orang, mungkin yang lain ada kesibukan lainnya sehingga tidak hadir mengikuti seleksi yang telah dibuka hari ini,”jelas Mulyadi.[]

Komentar

Loading...