Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata, ada lebih dari 300 rumah yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan, akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Malang dan sekitar Jawa Timur pada siang tadi. Data itu terakhir diterima BNPB pada pukul 20.00 WIB. "Data BNPB hari ini, pukul 20.00 WIB, lebih dari 300 rumah rusak dengan tingkatan berbeda, dari ringan hingga berat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Sabtu (10/4/2021). "Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan. Sedangkan sejumlah kerusakan fasilitas umum, antara lain sarana Pendidikan 11 unit, kantor pemerintah 7, sarana ibadah 6, RSUD 1 dan pondok pesantren 1," ungkapnya.

60 Masjid Bener Meriah dapat Sertifikat Arah Kiblat

sertifikat arah kiblat
A A A

BENER MERIAH - Wakil Bupati Dailami menyerahkan sebanyak 60 Sertifikat Arah Kiblat dan Jadwal Shalat untuk masjid di Bener Meriah. Penyerahan diserahkan secara simbolis di Aula Setdakab Bener Meriah yang diterima oleh masing-masing camat di jajaran pemerintah setempat, Senin, 5 April 2021.

Sertifikat arah kiblat dan jadwal salat tersebut merupakan program pemerintah bekerjasama dengan Dinas Syariat Islam dan Kantor Kemenag Bener Meriah. Penerbitan sertifikat tersebut juga berdasarkan SK Bupati Bener Meriah No. 451.15/445/SK/2020 tertanggal 25 September 2020.

“Pemerintah Bener Meriah sangat konsisten dengan pembinaan dan pelaksanaan Syariat Islam sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bener Meriah,” kata Dailami.

Sementara Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Bener Meriah, Taslim, mengatakan terdapat 60 sertifikat dan jadwal salat yang dibagikan pada Senin, 5 April 2021.

Taslim juga menyampaikan pihaknya bersama Kanwil Kementerian Agama Aceh dan Kemenag Bener Meriah telah membuat jadwal salat sepanjang masa. Selama ini, pihaknya masih merujuk jadwal salat lama.

"Jadwal yang lalu, yang masih bergabung dengan Aceh Tengah. Alhamdulillah kita telah menyelesaikan jadwal salat tersebut yang sesuai dengan waktu Bener Meriah," tambahnya.

Dia menyebutkan, selain 60 sertifikat arah kiblat, pihaknya juga telah mencetak 150 lembar jadwal salat yang nantinya dibagikan kepada 150 masjid di Bener Meriah.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...