Aksi unjuk rasa yang yang dilakukan oleh Petani Kopi Menangis (PKM) di depan gedung DPRK Bener Meriah terjadi saling dorong dengan petugas keamanan. Satpol PP dan Personel Polres Bener Meriah menjadi benteng terdepan untuk menahan para pendomo untuk menerobos gedung DPRK Bener Meriah. Senin (19/10/2020)

Dicoba Yuk

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

shutterstock.comIlustrasi Stres
A A A

JAKARTA- Menjaga kesehatan mental diperlukan di masa pandemi Covid-19 ini. Apalagi, saat melakukan isolasi mandiri, kerap membuat kesehatan mental kita bisa terganggu.

Kepala Informasi dari Mental Health Charity Mind, Stephen Buckley, memberikan beberapa tips tentang cara menjaga kesehatan mental selama PSBB dilansir dari Unilad, Minggu (11/10/2020):

1. Hibur diri dengan melakukan panggilan telepon atau video call

Teknologi menawarkan kesempatan untuk mengirim pesan, menelepon, bahkan melakukan percakapan tatap muka dengan orang yang dicintai tanpa memikirkan jarak. Manfaatkan alat telekomunikasi ini, karena telepon dapat menawarkan percakapan nyata sehingga Anda tidak merasa sendirian saat melakukan PSBB.

“Penting untuk tetap terhubung satu sama lain selama waktu ini, terutama jika Anda atau seseorang yang dikenal mengalami masalah kesehatan mental. Jika Anda merasa kehabisan hal untuk dibicarakan, bisa mencoba membaca buku atau menonton acara yang sama dan kemudian mendiskusikannya bersama,” terang Stephen.

2. Tetap aktif secara mental dan fisik

Melakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian ini bisa dilakukan di rumah tanpa memandang usia. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu Anda merasa lebih puas dan melepaskan endorfin yang membantu menghadirkan perasaan positif dan kebahagiaan.

Berusahalah untuk membuat otak menjadi tertantang dan sibuk dengan menyisihkan waktu untuk kegiatan yang lebih menarik seperti membaca buku atau artikel, mendengarkan podcast, menonton film, atau bermain teka teki.

3. Buatlah rutinitas

Buatlah rutinitas selama PSBB, misalnya saat hendak melakukan WFH. Hidup yang tidak teratur dapat menimbulkan perasaan malas, bosan, kurang motivasi, dan bisa menyebabkan kesehatan menurun. Pada akhirnya, kebiasaan itu akan merusak kesehatan mental seseorang.

“Pastikan tetap terhidrasi dengan mengonsumsi cukup air dan makan secara teratur. Berada di rumah dapat memengaruhi rutinitas dan selera makan. Sangat penting untuk membuat rutinitas baru dan memastikan Anda menjaga kesehatan diri dan menaatinya,” ujar Stephen.

4. Cobalah berinteraksi dengan alam

Meskipun saat ini status PSBB tengah berlangsung, namun usahakan supaya Anda tetap berinteraksi dengan alam. Anda yang memiliki akses menuju taman, cobalah untuk keluar dan makan siang di sana. Selain bisa menenangkan, Anda juga bisa memperoleh udara segar.

Jika Anda tidak memiliki taman, maka duduk di jendela sambil melihat tanaman di pot dan burung-burung bisa menjadi alternatif lainnya. Berinteraksi dengan alam dapat mengalihkan pikiran dari segala kekhawatiran atau perasaan frustrasi yang sedang dialami.

5. Mematikan semua aktivitas digital

Meskipun informasi itu sangat penting, terlebih mengenai virus corona, namun Anda perlu beristirahat dengan mematikan media sosial atau televisi jika merasa sudah mengalami masalah mental. Memperhatikan berita dan informasi mengenai Covid-19 hanya akan menimbulkan kecemasan.

Jika Anda memaksa untuk terus mendapatkan informasi terkini mengenai pandemi, Departemen Kesehatan Mental WHO, dr. Aiysha Malik menganjurkan untuk menggunakan sumber yang kredibel atau mengikuti saran dari otoritas kesehatan masyarakat untuk membantu mengatasi kecemasan atau ketakutan.

Sumber:OKEZONE
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...