Jalan akses menuju Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama, Kubupaten Bener Meriah lumpuh total akibat longsor dan pohon tumbang.“Mungkin kejadianya tadi malam, soalnya kemaren sore anggota saya pulang jalannya masih baik-baik saja," ungkapnya. Munurut Mustakim, longsor tersebut menimpa separuh badan jalan dengan panjang mencapai 17 meter, namun pohon-pohon dari atasnya tumbang dan menutup badan jalan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui untuk saat ini.

5 Manfaat Susu Hangat Bagi Kesehatan

PixabayIlustrasi Susu
A A A

JAKARTA - Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat.

Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Mengontrol kadar gula darah, menjaga berat badan sehat, hingga tidur yang nyenyak adalah beberapa aspek penting untuk kesehatan. Berbagai aspek tersebut nyatanya bisa dicapai dengan rutin mengonsumsi susu hangat, utamanya yang disajikan tanpa gula.

Susu sendiri mengandung kalsium tinggi dan kaya akan nutrisi. Melansir dari Healthshoots, berikut beberapa manfaat konsumsi susu hangat menurut ahli gizi dari Apollo Telehealth, Dokter Deepika Rani:

1. Membantu Kontrol Gula Darah
Menurut Dr. Rani minum satu cangkir susu tanpa pemanis sebelum tidur merupakan cara yang tepat untuk mengatur kadar gula darah. Rutinitas tersebut cukup berpengaruh terutama bagi penderita diabetes tipe 1 dan orang yang rentan terhadap fluktuasi gula darah.

2. Membantu Tidur Nyenyak
Susu hangat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. "Segelas susu hangat yang dikonsumsi sebelum tidur membantu mendorong dan meningkatkan kualitas tidur. Itu karena adanya zat yang disebut triptofan," kaya Dr. Rani.

"Susu hangat juga meningkatkan pencernaan dan kekebalan”, imbuhnya.

3. Menurunkan Berat Badan
Konsumsi susu hangat sebelum tidur bisa meningkatkan rasa kenyang. "Ini jelas menghentikan keinginan ngemil sehingga cenderung menurunkan berat badan," ujar Dr. Rani.

4. Menyehatkan Tulang
Minum susu hangat meningkatkan nutrisi dalam susu. Sebab, proses pemanasan pada susu mengaktifkan enzim sehingga lebih baik diserap oleh tubuh dan meningkatkan kepadatan tulang.

"Minum susu hangat mengurangi risiko penyakit terkait tulang seperti osteopenia, osteoporosis, dan patah tulang," kata Dr. Rani.

5. Menjaga Kesehatan Mulut
Jika Anda bermasalah dengan kerusakan gigi dan bau mulut, minum susu hangat setiap hari bisa sangat membantu.

Susu memiliki efek perlindungan pada enamel gigi dan mengurangi risiko kerusakan gigi. Susu memiliki komponen bioaktif yang mengubah populasi mikroba di plak gigi sehingga memberikan efek perlindungan.

Sementara kasein-fosfopeptida dari susu bereaksi dengan kalsium dan fosfat pada permukaan gigi di mana menghasilkan kompleks kalsium fosfat amorf koloid yang mendorong mineralisasi ulang email gigi.

Itulah berbagai manfaat susu hangat untuk kesehatan tubuh kita yang perlu kalian ketahui.

Sumber:Suara.com
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...