Teuku Raja Keumangan SH MH, Sekretaris Fraksi Partai Golkar narasumber peHTem edisi Kamis 29 Juli 2021 episode 60 dengan tema: DPRA Diminta Bentuk Pansus Dana Siluman, Kemana Mengalir Dana Apendiks? dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

Anti Ribet

5 Cara Diet yang Sederhana

FOTO | ISTIMEWAIlustrasi
A A A

JAKARTA - Menurunkan berat badan kini bisa dilakukan dengan cara diet yang sederhana dan anti ribet. Tak seperti program diet lainnya, diet yang sederhana ini tak memiliki banyak aturan.

Setiap orang yang menjalankan diet hanya perlu menerapkan gaya hidup sehat dan mengonsumsi nutrisi yang seimbang. Hasilnya, berat badan akan turun seiring perubahan gaya hidup yang sehat.

Berikut cara diet yang sederhana:

1. Kurangi karbohidrat

Kurangi asupan karbohidrat dengan mengurangi porsi sumber karbohidrat dalam makanan seperti nasi. Selain itu, kurangi pula konsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung gula.

Karbohidrat juga bisa diganti dengan biji-bijian. Konsumsi karbohidrat kompleks yang kaya akan serat ini juga bermanfaat bagi metabolisme dan pencernaan tubuh.

Studi menunjukkan mengurangi karbohidrat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengurangi nafsu makan. Studi lain juga mendapati konsumsi biji-bijian dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah.

2. Banyak konsumsi protein

Asupan makanan dengan kandungan protein yang tinggi penting untuk menjaga kesehatan dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan konsumsi protein yang cukup dapat menurunkan nafsu makan sehingga bisa mengurangi berat badan.

Kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda. Rata-rata pria membutuhkan 56-91 gram protein per hari, sedangkan wanita membutuhkan 46-75 gram protein per hari.

Berikut sumber protein sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari:

Daging: sapi, ayam, dan domba.

Ikan dan makanan laut: salmon, trout, dan udang.

Telur: telur utuh dengan kuningnya.

Protein nabati: kacang-kacangan, polong-polongan, quinoa, tempe dan tahu.

3. Banyak makan sayur dan buah

Cara diet yang sederhana berikutnya adalah dengan banyak makan sayur dan buah. Isi piringmu dengan aneka buah dan sayuran terutama sayuran berdaun hijau.

Sayur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan rendah kalori. Konsumsi sayuran dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan.

Berikut sayuran yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Brokoli

Bunga kol

Bayam

Tomat

Kubis

Selada

Timun

4. Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

Tak semua lemak buruk untuk tubuh. Tubuh juga membutuhkan lemak yakni lemak sehat. Lemak sehat bisa didapatkan dari minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak almond.

Penggunaan minyak juga harus dibatasi. Jangan menggoreng makanan dengan minyak yang sudah digunakan berulang kali atau minyak yang terlalu banyak karena dapat meningkatkan lemak jenuh yang berujung kenaikan berat badan.

5. Bergerak

Selain makanan, cara diet yang sederhana berikutnya adalah dengan bergerak atau berolahraga. Lakukan olahraga sederhana atau olahraga ringan di sela-sela aktivitas setiap hari untuk membuat tubuh membakar lemak sehingga menurunkan berat badan.

Berolahraga yang teratur juga bisa dilakukan dengan bergabung dengan pusat kebugaran atau melakukan olahraga sendiri di rumah.

Itulah cara diet yang sederhana dan anti ribet yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah untuk menurunkan berat badan.[]

Sumber:CNNIndonesia
Rubrik:KESEHATAN

Komentar

Loading...