Mantan Anggota Parlemen RI Ghazali Abbas Adan menyebutkan Wali Nanggroe Memang bukan maqam (neuduek)-nya Malik Mahmud Al Haytar. Dimana seharusnya sosok Wali Nanggroe sebagai pemersatu masyarakat Aceh. Ini disampaikan Ghazali setelah Aktivis Kebudayaan sekaligus Pendiri Institut Peradaban Aceh, Haekal Afifa meminta Wali Nanggroe Aceh menegur dan memperingatkan DPRA terkait polemik yang terjadi dengan Pemerintah Aceh saat ini.

Dalam Pekan Ini

405 Rumah di Aceh Terendam Banjir

ISTIMEWARumah yang terendam banjir.
A A A

BANDA ACEH -  Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) merilis sebanyak enam kabupaten di Aceh mengalami bencana banjir dalam sepekan ini. Namun dari enam kabupaten itu hanya 20 kecamatan diantaranya yang menjadi dampak bencana tersebut.

"Itu sejak 21 Oktober hingga 24 hari ini, jumlah desa 61," kata Kalak BPBA, Ir Sunawardi MSi, Rabu (24/10/2019).

Untuk diketahui, enam kabupaten di Provinsi Aceh yang mengalami banjir diantaranya, Kabupaten Aceh Singkil, Pidie Jaya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Kabupaten Simeulue.

Informasi terakhir yang diterima Pusdalops BPBA menyebut bahwa telah terjadi sebanyak 7 kali kejadian banjir dengan total prediksi kerugian sementara sebesar Rp 1.155.000.000.

Banjir dengan ketinggian airnya bervariasi ini mengakibatkan setidaknya merusak 406 rumah, 4 sekolah, 1 sarana ibadah, 2 sarana kesehatan dan 2 jembatan.

Banjir berdampak pula pada 3.579 warga pada 1.476 KK dengan total rumah terendam banjir berjumlah 405 rumah.

Atas dasar itu, Kalak BPBA, Sunawardi meminta BPBD terus melakukan pantauan dan koordinasi dengan tim dan muspika setempat guna melakukan kaji cepat terkait jumlah korban terdampak.

"Dan dampak material yang diakibatkan dari kejadian ini," harap Sunawardi.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...