Juru Bicara Partai Aceh, Nurzahri ST, narasumber peHTem edisi Kamis 24 Juni 2021 episode 50 dengan tema: Dewan Partai Aceh Sibuk Pokir, Peringatan Muzakir Manaf Serius atau Sensasi?, dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

32 Peserta Ikuti Pembekalan SDG’s 2021

32 peserta mengikuti pembekalan tim relawan SDG’s 2021 di Balai Desa Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Minggu, 9 Mei 2021
A A A

Aceh Utara - Sebanyak 32 peserta dari empat desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye Aceh Utara mengikuti pembekalan Tim Relawan Kelompok Kerja Pemutakhiran Data SDG’s tahun 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Balai Desa Kecamatan Jambo Aye, Minggu, 9 Mei 2021.

Pendamping Desa (PD) Pemberdayaan Kecamatan Tanah Jambo Aye, Faizin kepada acehimage.com mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan atas tindak lanjut Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021. Kegiatan tersebut juga menindaklanjuti Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 tahun 2020.

"Peraturan nomor 21 tahun 2020 merupakan pendoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, yang salah satunya mengatur tentang pendataan desa dan memastikan ketercapaian pendataan SDG’s desa sesuai dengan prioritas kedua penggunaan dana desa tahun 2021, yaitu untuk mendukung program prioritas nasional," kata Faizin.

Faizin mengatakan pendataan SDG’s sangat penting karena untuk penghitungan dana desa menjadi alokasi dana desa untuk tahun 2022.

"Apabila pendataan ini tidak dilakukan kemungkinan ada pengurangan dana desa dan bisa kehilangan dana desa di tahun berjalan, ini wajib dilakukan di desa,” ujar Faizin.

Faizin juga menyampaikan kegiatan tersebut baru dilakukan tingkat pelatihan pengisian data. Nantinya ada juga tingkat pemutakhiran data dan dijadwalkan ada beberapa pelatihan yang akan dilakukan.

"Untuk hari ini ada empat desa yang mengikuti pembekalan, di antaranya Desa Lhok Bintang Hu, Cot Biek, Biram Rayeuk, dan Lhok Meurebo," ujarnya.

Faizin mengatakan untuk pemateri kegiatan turut menghadirkan Yus Syah selaku Tenaga Ahli Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TA-TTG). Pemateri lain adalah Mulizan selaku tenaga ahli dari Provinsi Aceh.

Hadir dalam pelatihan tersebut, Bukhari dan Iswani selaku Pendamping Desa di Kecamatan Tanah Jambo Aye.

"Untuk para peserta pelatihan SDG’s ini yang diutamakan adalah kepala dusun, kepala desa dan operator. Dari setiap desa diikuti oleh tujuh peserta dan satu orang PLD selaku mitra desa," pungkas Faizin.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...