Selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Mari jadikan momentum ini sebagai bentuk memperbaiki diri serta mengikuti jejak baginda Rasul untuk kebaikan dunia dan akhirat, Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad.

1,5 Hektar Lahan Serai Wangi di Pintu Rime Gayo Ludes Terbakar

IstPetugas Damkar dan Personel Polsek PRG padamkan lahan terbakar
A A A

BENER MERIAH – Kebakaran hutan dan lahan (Kathula ) kembali terjadi di Kabupaten Bener Meriah, kali ini, sedikit 1,5 hektar lahan Serai Wangi ludes terbakar. Selain itu, diperkirakan 3 hektar lahan kosong juga turut menjadi sasaran si jago merah.

Hal itu disampaikan Kapolres Bener Meriah, AKBP Agung Surya Prabowo SIK melalui Kasubag Humas Polres Bener Meriah, Iptu Jufrizal SH. Sabtu, 9 Oktober 2021.

“Pada jumat (8/10/2021) kemarin sekira pukul 20,00 wib telah terjadi kebakaran lahan serai seluas 1,5 hektar dan lahan kosong seluas 3 hektar di Kampung Alur Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah,”kata Jufrizal

Ia menyebutkan, lahan tersebut merupakan milik Bani Ara 55 Tahun warga Kecamatan Timang Gajah, akibat peristiwa itu, korban mengalami kerugian 8 juta rupiah. Ujar Jufrizal

Menurut Jufrizal, kronologis kejadian sekira pukul 20 wib kemarin, saat itu petugas piket Polsek Pintu Rime Gayo melihat kobaran api, melihat hal itu, dua orang personel piket langsung mencari titik api kebakaran.

Dalam perjalanan, personel piket tersebut melihat kebakaran sedang terjadi di wilayah Kampung Arul Cincin, setiba di lokasi kedua personel Polsek Pintu Rime Gayo itu langsung berkoordinasi dengan petugas pemadam kebakaran Pintu Rime Gayo untuk memadamkan api.

“Petugas damkar pos 4 pintu rime gayo yang menurunkan dua unit damkar dari Blang Rakal dibantu personel polsek pintu rime gayo, dan masyarakat berhasil memadamkan api sekira pukul 22.30 wib,”sebut Jufrizal

Ia menuturkan, untuk saat ini belum dapat dipastikan kebakaran itu disengaja atau tidak untuk itu pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan. Tuturnya.

Sementara itu di tempat lain, pihak BPBD Bener Meriah melalui rilisnya menerangkan tentang kebakaran lahan di Kecamatan Pintu Rime Gayo yang terjadi pada Jumat 8 Oktober 2021 kemarin.

Petugas pemadam berupaya melokalisir kebakaran dan melakukan penyekatan agar api tidak melebar ke kawasan pemukiman warga  Trans.

Api itu muncul di dua titik, bahkan salah satu titik hampir mendekati pemukiman warga, petugas berupaya memadamkan api sejak pukul 20.50 wib hingga pukul 22.20 wib api baru dapat padamkan yang telah melalap 2 hektar. Dikutip dari keterangan petugas damkar pos 04 Pintu Rime Gayo.

Sementara itu, Kalak BPBD Bener Meriah Safriadi melalui Kabid Kedaruratan, Anwar Sahdi menghimbau, agar masyarakat tidak sembarangan membuang puntung rokok atau melakukan kegiatan bakar-bakar saat musim panas/Kemarau terlebih musing angin seperti saat ini.

“terlebih di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo jika tidak hati-hati bisa menimbulkan bencana kebakaran,” sebut Anwar

Ia menambahkan, peran masyarakat sangat diharapkan dalam mencegah terjadinya karhutla. Jika peran masyarakat semakin besar, maka penanggulangan dan pencegahan kebakaran akan maksimal. Jelasnya, sembari menambahkan, harapan kita pada para pemangku kebijakan akan lebih aktif melaksanakan tindakan preventif dan penindakan agar kejadian Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla)  tidak terus berulang. Pintanya []

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...