Aliansi Mahasiswa Aceh (AMA) kembali medesak Plt Gubernur untuk mempublikasikan penggunaan anggaran hasil refocusing maupun BTT dalam APBA 2020. AMA mengaku tidak berhenti menyuarakan hal tersebut sebelum tuntuntan mareka terpenuhi. Aliansi Mahasiswa Aceh memandang ada hal urgensi saat ini yang harus diprioritaskan oleh Pemerintah Aceh selama masa Pandemi COVID -19, seperti sektor kesehatan, pendidikan maupun sektor ekonomi.

120 Napi Rutan Kelas IIB Bener Beriah Dapat Remisi

SAMSUDDIN.
A A A

BENER MERIAH - Bupati Bener Meriah mewakili Menkumham RI memberikan remisi umum kepada Narapidana (Napi) dan anak dalam rangka memperingati HUT RI ke-75.

Rombongan Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi disambut Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Bener Meriah, Baharuddin SH bersama jajarannya. Senin (17/8/2020).

Sarkawi yang membacakan sambutan Menkumham RI menyampaikan, sebagai nikmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa,Kemerdekaan memang perlu kita syukuri, rasa syukur dalam memperingati Hari Kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap masyarakat Indonesia pada umumnya dan warga binaan pemasyarakat pada khususnya.

"Perwujudan rasa syukur dalam memberikan perlakuan yang manusiawi kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan bentuk kewajiban kita sebagai bangsa yang besar dan beradab, yang sejatinya dapat diukur dari sejauh mana kita mampu memberikan perlakuan baik terhadap warga binaan pemasyarakatan, yaitu perlakuan yang didasarkan pada penghormatan terhadap hak dan martabat kemanusiaan,"tutur Bupati Sarkawi.

Sambungnya, warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga Negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi, salah satu hak yang dimiliki oleh warga binaan adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (Remisi), karena melalui remisi ini diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya Napi dan Anak dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kepada seluruh Napi dan Anak yang mendapatkan remisi, khususnya yang langsung bebas pada hari ini, saya mengucapkan selamat sekaligus saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa,” pungkas Bupati menyampaikan sambutan Menkumham RI.

Dikataan orang nomor satu didaerah berhawa sejuk itu, selain dirinya juga ada Kapolres, Kejari, ketua Pengadilan Negeri kiranya pertemuan ini hendaknya untuk masa yang akan datang adalah pertemuan yang penuh kasih sayang, penuh dengan kebahagian dan penuh rahmat.

"Kita semua tentu berharap jangan sempat lagi bertemu di meja sidang,"harap Abuya Sarkawi.

Sementara Karutan Kelas IIB Bener Meriah, Baharuddin dalam laporannya menyampaikan, hari ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana pada hari ini memperingati 75 tahun Indonesia merdeka, kepada warga binaan mendapatkan pengurangan hukuman (Remisi), jadi patutlah bersyukur.

“Kepada warga binaan saya, yang saya cintai, dengan keberadaan kita disini kita bisa bermuhasabah, menginstropeksi diri dalam merubah kedepannya lebih baik,” tambahnya.

Baharuddin, juga menyampaikan pemberian remisi ini tidak semua bisa diberikan kepada warga binaan, memang ini adalah hak dari warga binaan tetapi tentu ada keriteria yang telah ditentukan.

"Ada syarat-syaratnya, bagi mereka yang tidak mendapatkan haknya ada beberapa sebab, bisa saja kadang kenak register F karena melakukan pelanggaran didalam dan itu tidak bisa kita usulkan, atau yang belum memenuhi persyaratan atau yang belum turun karena kita telah mengusulkan semua sebanyak 200 orang," kata Karutan.

Namun dari 200 yang diusulkan yang turun hanya 120 orang, sementara 60 orang masih dalam susulan menunggu proses dan 10 orang belum memenuhi persyaratan dan 10 orang kenak register F.

Dalam kesempatan tersbut Karutan juga melaporkan, dimana Rutan kelas II B Bener Meriah ada dua pembinaan, Pembinaan Kemandirian dan kepribadian meliputi keterampilan yang bisa memproduksi.

"Ada yang bersifat swakelola yang bukan dari anggaran Negara," tutup Karutan.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...