Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh Syariah, Amal Hasan menjadi narasumber peHTem edisi Senin 10 Mei 2021 Episode 37 Tahun ke 2 dengan Tema: Sahuti Kebutuhan Masyarakat, Bank Aceh Luncurkan Kartu Debit yang dipandu oleh host Indah Rastika Sari. Jangan lupa subsribe like share dan comment.

11 Mahasiswa Ikut Program Kampus Mengajar di Bener Meriah

Kampung Mengajar
A A A

BENER MERIAH - Sebanyak 11 mahasiswa dari berbagai universitas mengikuti kegiatan Kampus Mengajar Batch 1 tahun 2021 di Bener Meriah.

Mereka yang terpilih akan ditempatkan selama tiga bulan di Sekolah Dasar (SD) penempatan masing-masing.

Ke 11 mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Malikussaleh, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Samudera, Universitas Abulyatama, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Pendaftaran Kampus Mengajar dibuka pada 9-21 Februari 2021 lalu. Sedangkan seleksi dilakukan sejak 26 Februari-12 Maret 2021.

Jamilah, mahasiswi Prodi Antropologi bersama rekannya, Devi Wulan Shaliha, merupakan salah satu diantara peserta terpilih. Kedua mahasiswi Prodi Administrasi Publik Universitas Malikussaleh tersebut ditempatkan di SD Negeri Bahgie Bertona, Kecamatan Badar, Kabupaten Bener Meriah.

Selanjutnya Agus, salah satu mahasiswa yang juga terpilih di Kampung Mengajar kepada acehimage.com, Jumat, 9 April 2021, mengatakan mereka juga mendapat pembekalan selama seminggu sejak 15- 21 Maret 2021 yang lalu.

"Mulai penugasan sejak 22 Maret sampai 26 Juni 2021 nanti. Selama pengabdian berjalan akan ada beberapa program kerja yang akan dilakukan di SD tersebut," kata Agus.

Bulan pertama dalam program tersebut, para mahasiswa akan membantu administrasi di sekolah yang ditempatkan. Selanjutnya mereka membantu adaptasi teknologi dan pembenahan ruang kelas serta perpustakaan.

"Pada bulan ketiga, mahasiswa akan mengajar di kelas dengan memberikan pendidikan karakter etika dan komunikasi, pembiasaan hidup sehat, literasi dan numerasi, serta cinta tanah air dan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata Agus.

Agus mengatakan selama pengabdian akan dipantau oleh dosen pembimbing lapangan terpilih dan koordinator dari universitas. Mereka juga akan dibantu oleh guru pamong dari SD sasaran.

Disebutkan Agus, kampus mengajar batch adalah program yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Kampung Mengajar merupakan program lanjutan dari program Kampus Mengajar Perintis, yang telah dilaksanakan pada 2020. "Program ini menjadi bukti dedikasi kampus melalui mahasiswa untuk bergerak menyukseskan pendidikan nasional dalam kondisi pandemi," katanya.

Program Kampus Mengajar bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas, perkuliahan serta membantu sekolah untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal terutama yang ada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) di Indonesia.

"Kampus Mengajar dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia, baik dari pendidikan guru ataupun non-pendidikan guru," tutur Agus.[]

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...