Benarkah

Wisata dengan Kapal Pesiar Selalu Mahal?

FOTO | ISTIMEWAIlustarsi
A A A

WISATA dengan kapal pesiar sudah terkenal di luar negeri. Namun kenapa di Indonesia belum begitu populer? Padahal negeri ini terkenal akan wisata baharinya.

Salah satu yang jadi penyebabnya adalah pola pikir tentang wisata bagi pelancong Indonesia yang menganut prinsip 'lebih cepat sampai tujuan'. Anggapan tersebut seolah membuat wisatawan merasa segan berada di kendaraan terlalu lama, dan memilih untuk cepat sampai ke tujuan. Padahal, banyak keuntungan yang bisa didapat jika berlibur dengan kapal pesiar.

"Banyak orang tidak tahu naik kapal pesiar apa yang bisa dilakukan. Wisata dengan cruise itu bagai hotel bintang 5 di atas laut," kata Farriek Tawfiek, Direktur Asia Tenggara Princess Cruise di Singapura, belum lama ini.

Salah satu anggapan lainnya adalah wisata kapal pesiar membutuhkan dana yang besar. Padahal, di Sapphire Cruise saja wisatawan bisa merasakan pengalaman berlibur ala hotel bintang 5 di atas laut dengan harga mulai dari SGD300 atau sekira Rp3 jutaan.

Bila dihitung rinci, biaya tersebut sudah termasuk kamar kelas ekonomi, gratis room service charge hingga makan gratis selama berlayar. "Soal harga sebetulnya tidak terlalu mahal. Affordable, bahkan kalau yang join biayanya akan lebih murah," tambahnya.

Selain karena stigma tersebut, salah satu yang menghambat adalah kemudahan akses kapal pesiar menuju destinasi wisata di Indonesia yang masih terbatas. Pasalnya, hanya beberapa pelabuhan saja yang memungkinkan kapal pesiar bersandar, sementara sisanya masih belum siap untuk menampung kapal besar.

Sementara untuk pelabuhan khusus kapal pesiar ternyata masih belum tersedia. Hal itu membuat lalu-lalang kapal pesiar di Indonesia cukup terbatas dan membuatnya kurang populer di Tanah Air.

"Kalau akses sudah lebih mudah, perizinan juga, peminat wisata kapal pesiar sudah pasti makin banyak. Memang untuk wisatawan Indonesia kapal pesiar memang belum begitu populer, namun semakin ke sini angkanya terus naik 1,2 persen," pungkasnya.

Kode:47
Sumber:okezone.com
Rubrik:Travel

Komentar

Loading...