Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang melakukan penggeledahan Dinas Perhubungan Sabang dan SPBU Bypass, Rabu (2/12/2020). Penggeledahan dimulai dari pukul 10.00-13.00 WIB itu dipimpin Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Sabang Muhammad Razi SH. Kegiatan penggeledahan tersebut dilakukan dalam rangka mencari barang bukti terkait kasus dugaan korupsi belanja BBM/Gas dan Pelumas serta suku cadang yang bersumber dari DPPA SKPD Dinas Perhubungan Sabang tahun anggaran (TA) 2019 sebesar Rp 1.567.456.331.

Tindak Lanjuti Program Food Estate

Wamenhan RI Akan Kunjungi Bener Meriah

ISTIMEWA.
A A A

BENER MERIAH - Dalam rangka menindak lanjuti program Ketahanan Pangan (Food Estate), Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI), Sakti Wahyu Trenggono akan berkunjung ke Kabupaten Bener Meriah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi usai melakukan pertemuan dengan Wamenhan RI diruang Kerja Wamenhan RI, Jln Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (6/11/2020).

"Hari adalah kali kedua kita mengunjungi Kemenhan RI, dimana kunjungan perdana waktu itu kita bertemu langsung dengan Inspektor IV Brigjen TNi Yos Triyoso,"ungkap Abuya Sarkawi.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten penghasil kopi Arabika itu, program tersebut sangat strategis dari Pemerintah Pusat melalui Kemeterian Pertahanan.

Presiden Joko Widodo memiliki rencana untuk memperluas pembangunan lumbung pangan atau food estate untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Wilayah yang menjadi sasaran untuk pembangunan food estate adalah Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan, hingga Papua, tetapi melihat kondisi lahan yang tersedia serta bebarapa pertimbangan lainnya, maka Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh termasuk salah satu yang dihandalkan.

"Jadi kita bersyukur, dan selalu membangun komunikasi secara intens, seperti yang kita lakukan hari ini, "terang Tgk H Sarkawi.

“Hal itu sudah dikemukan langsung oleh Tim Kemenhan RI yang berkunjung ke Bener Meriah beberapa waktu yang lalu diketuai oleh Kolonel Yayan Sugiana yang dalam pertemuan tadi juga didampingi oleh Beliau,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Abuya Sarkawi menjelaskan, program Ketahanan Pangan Kemenhan RI tentang Lumbung Pangan (Food Estate) ini bertujuan untuk membangun program cadangan ketahanan pangan strategis nasional untuk beberapa komoditi utama ketahanan pangan nasional.

"Program ini akan digarap oleh Kemenhan RI dari hulu ke hilir, dari produksi hingga pengolahan produk utama dan turunan hingga pemasarannya,"papar Sarkawi.

“Kabupaten Bener Meriah sangat-sangat siap untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Kemenhan RI, dan kita juga sudah menyiapkan lahan seluas 30.000 hektar yang tersebar mulai dari Kecamatan Pintu Rime Gayo sampai ke Kecamatan Syiah Utama – Samar Kilang, dan ini juga masih berproses, kita minta do’a seluruh warga masyarakat Bener Meriah, semoga ini cepat terlaksana,” tutup Bupati.

Rubrik:ACEH

Komentar

Loading...