Cerita Banda Aceh Krisis Air Bersih

Walikota Banda Aceh Angkat Tangan

FOTO | Humas Pemko Banda AcehWalikota Banda Aceh | Aminullah Usman
A A A

Jadi karena ada sebagian yang ini harus selesai sekarang, saya angkat tangan

Aminullah Usman Walikota Banda Aceh

ACEH - Sebagian besar warga Kota Banda Aceh mengeluh air PDAM yang sering macet. Persoalan air bersih ini sudah terjadi bertahun-tahun. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman berjanji masalah tersebut bakal diselesaikan tahun depan.

Di kawasan Lamdingin, Banda Aceh, air PDAM naik ke rumah dengan intensitas kecil dan kerap macet. Warga harus menghidupkan pompa air agar air bersih mengalir ke dalam rumah. Hal ini sudah terjadi dalam sebelum terakhir. Sebelumnya, air mengalir lumayan kencang.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengatakan, Pemko Banda Aceh akan menyelesaikan persoalan air bersih pada 2019 mendatang. Tahun ini, pihaknya mencari investor terlebih dulu karena untuk mengatasi masalah air tersebut butuh dana besar.

“Kalau sekarang disuruh selesaikan itu tidak mungkin, kita dari visi dan misi mulai (kita) selesaikan tahun 2019. Tahun 2018 kita mencari investor karena itu biayanya sangat besar, bukan membalikkan telapak tangan. Untuk menyelesaikan air bersih di Kota Banda Aceh itu ratusan miliar harus ada uang,” kata Aminullah kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (29/10/2018).

Menurutnya, saat ini sudah ada investor yang akan digaet untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun Pemko akan menggelar tender terlebih dulu.

“Memang kita akui kalau sekarang memang belum selesai tapi kalau ada yang bilang selesai sekarang itu tidak mungkin. Ini perjalanan panjang ke air bersih ini sudah sekian tahun lamanya yang belum tuntas, kita ingin tuntaskan agar masyarakat ini dan secara hitungan sudah 86 persen warga Banda Aceh sudah menikmati air bersih,” jelas Aminullah.

Terkait banyaknya keluhan masyarakat, Aminullah, mengaku persoalan tersebut sudah terjadi sejak lama. Meski demikian, Pemko Banda Aceh akan berupaya untuk menyediakan air bersih bagi warganya. Untuk masyarakat yang sama sekali tidak mendapatkan pasokan air, dia meminta PDAM untuk mengantarkan bantuan air ke rumah pelanggan tersebut.

“Secara umum sudah ada air di Banda Aceh. Jadi karena ada sebagian yang ini harus selesai sekarang, saya angkat tangan. Kalau sekarang nggak mungkin. Siapa pun nggak mungkin menyelesaikan. Ada uang pun satu pesawat, bawa sini, nggak akan selesai. 2019 Insyallah,” ungkap Aminullah.

Kode:47
Sumber:detik.com
Rubrik:Aceh

Komentar

Loading...